5 Teknologi Canggih Untuk Dunia Pendidikan Agar Lebih Inovatif dan Interaktif


5 Teknologi Canggih Untuk Dunia Pendidikan

Teknologi Canggih Untuk Dunia Pendidikan - Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga semua sektor telah tercampuri oleh bantuan teknologi khususnya dunia pendidikan. Salah satu fungsi teknologi dalam dunia pendidikan adalah mengubah metode pembelajaran yang konvensional menjadi non konvensional sehingga memunculkan inovasi positif untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Jika kamu memperhatikan kondisi pendidikan saat ini, khususnya di luar negeri sudah banyak perubahan dengan menggunakan teknologi canggih sebagai penunjang tujuan pendidikan. Selain itu, penggunaan teknologi canggih bisa membuat peserta didik bisa terhindar dari rasa bosan dan membuat ketagihan terus-terusan belajar di sekolah. Apa saja teknologi canggih yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan ? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

5 Kemampuan Dasar Untuk Menjadi Seorang Programmer << BACA JUGA


Teknologi Canggih Dalam Dunia Pendidikan


Berikut ini daftar teknologi canggih sebagai media pembelajaran yang masih dalam tahap pengembangan. Mungkin teknologi ini bisa kita lihat sebagai pandangan bagaimana sekolah masa depan.

1. Virtual Reality

Virtual Reality

Pecinta teknologi dan gamers pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya Virtual Reality. Virtual reality atau VR merupakan suatu teknologi yang dapat berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. VR nantinya akan menggambarkan lingkungan 3 dimensi, dimana kamu nantinya akan merasakan seolah-olah berinteraksi di lingkungan tersebut.

Penggunaan VR saat ini hanya bisa dilakukan menggunakan kacamata VR khusus dan headphone untuk bisa memasuki lingkungan 3 dimensi tersebut. Sebenarnya teknologi ini sudah banyak digunakan di berbagai sekolah khususnya di luar negeri.

Fungsi VR tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelajaran secara interaktif dan nyata untuk siswa. Contoh mudahnya kamu bisa mengamati secara langsung tentang alam semesta. Teknologi ini tentunya akan dikembangkan secara terus-menerus agar bisa memberikan fungsi dan pengalaman yang lebih luas.

2. Teknologi Haptic

haptic technology

Peserta didik kurang memahami pelajaran dengan baik apabila hanya mendengarkan informasi verbal dari guru saja. Tetapi mereka membutuhkan media agar bisa memaksimalkan pemahaman peserta didik, salah satunya melalui kegiatan menyentuh benda. Sayangnya tidak semua benda boleh disentuh oleh peserta didik, apalagi benda tersebut dapat membahayakan keselamatan.

Teknologi canggih yang dapat mengatasi masalah tersebut dalam dunia pendidikan adalah penggunaan haptic technology atau teknologi haptic. Teknologi ini memungkinkan peserta didik untuk bisa menyentuh benda yang bisa membahayakan keselamatan secara virtual. Teknologi ini dikaitkan dengan robot, seperti robot tangan, dimana robot tangan tersebut bisa bergerak, mengambil, dan lain sebagainya sesuai intruksi dari gerakan tangan kita.

3. Robot Teacher

Robot Teacher

Peran robot saat ini telah menggantikan beberapa pekerjaan yang awalnya dilakukan oleh manusia, sekarang sudah digantikan fungsinya oleh robot seperti penjaga tol. Tidak menutup kemungkinan guru juga akan digantikan perannya oleh robot. Kenapa demikian? karena robot mampu mengolah informasi jauh lebih cepat ketimbang manusia normal pada umumnya dan juga kemampuannya bisa di-upgrade sewaktu-waktu.

Pemanfaatan teknologi robot sebagai guru di kelas saat ini sudah digunakan di beberapa negara maju seperti Finlandia, Jepang, dan Korea. Sayangnya robot saat ini masih mengalami keterbatasan masalah mengekspresikan sesuatu. Robot tidak bisa mengekspresikan sedih, senang, bahagia, atau ekspresi lainnya dengan sempurna layaknya manusia.

Nah oleh sebab itu, pemanfaatan robot saat ini tidak benar-benar menempatkan suatu robot sebagai guru utama dalam kelas, melainkan hanya sebagai media pengajaran. Media ini tentunya bisa menghilangkan rasa jenuh ketika peserta didik mendapatkan pengalaman baru ketika diajari oleh robot.

Belajar Bahasa Inggris Gratis, secara otodidak di Internet << BACA JUGA

4. Smart Table

Smart Table

Teknologi meja pintar saat ini mulai dikembangkan untuk mempermudah segala aktivitas yang bisa dilakukan di meja tersebut. Saat ini hadir Smart Coffee Table yang merupakan pengembangan terbaru dari meja pintar, dimana meja tersebut bisa digunakan untuk bersantai seperti menyalakan musik, charging, memutar video, browsing internet, bahkan presentasi menggunakan layar sentuh.

Kabarnya, teknologi ini akan dimaksimalkan di ranah pendidikan agar pembelajaran semakin lebih efektif dan inovatif. Hadirnya Smart Table ini akan menjadikan dunia pendidikan menjadi lebih futuristik sehingga peserta didik bisa lebih semangat dalam belajar.

5. 3D Printer

3D Printer

3D Printer merupakan inovasi terbaru dari mesin cetak dimana mesin tersebut mampu mencetak benda secara 3 dimensi. Mesin tersebut membutuhkan bantuan komputer untuk membuat kerangka agar mesin tersebut mampu mencetak benda 3D sesuai dengan kerangka yang dibuat.

Lantas apa yang bisa dimaksimalkan dari mesin ini terhadap dunia pendidikan ? Kunci utamanya yaitu "Peningkatan Kreativitas", ketika siswa belajar membuat barang di sebuah komputer namun tidak bisa mencetaknya karena keterbatasan alat, maka alat ini bisa membantu kamu untuk merealisasikan benda yang dibuat dalam sebuah komputer.

Akhir Kata


Baiklah itulah 5 teknologi canggih yang bisa digunakan untuk dunia pendidikan agar pembelajaran semakin lebih interaktif dan inovatif. Pengalaman belajar peserta didik oleh bantuan teknologi semacam ini akan membuat pemikirannya akan jauh lebih cepat berkembang, karena bisa meningkatkan semangat belajar peserta didik agar betah di sekolah.


Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments