5 Kemampuan Dasar Untuk Menjadi Seorang Programmer

5 Kemampuan Dasar Untuk Menjadi Seorang Programmer

Beberapa Skill atau Kemampuan Dasar yang harus dimiliki Seorang Programmer - Programmer adalah seseorang yang melakukan pekerjaan tentang menganalisis, mengedit, menguji notasi kode pemrograman. Kode pemrograman biasa disebut dengan bahasa pemrograman yang akan diolah untuk menghasilkan sebuah system atau program yang bertujuan untuk menjalankan tugas tertentu secara otomatis.

Pada era revolusi Industri 4.0, kebutuhan atas ahli pemrograman komputer di Indonesia mulai melonjak. Tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan swasta saja, tetapi juga terdapat kepada kebutuhan di sektor pemerintahan. Kini sudah mulai banyak bermunculan beberapa startup yang memberikan pendidikan singkat terhadap orang yang ingin menjadi programmer.

Untuk menjadi seorang programmer memang membutuhkan banyak skill dan perlu pelatihan yang panjang agar bisa menjadi profesional. Bagi seorang pemula yang hendak menjadi programmer tentu akan pusing jika melihat banyak skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer. Namun diantara banyak skill tersebut, terdapat skill atau kemampuan mendasar sebagai bekal paling penting untuk menjadi seorang programmer.

5 Laptop Paling Cocok untuk Programmer nyaman dan hemat baterai << BACA JUGA

Skill Dasar Bagi Seorang Programmer


1. Bahasa Inggris

Urgensi Bahasa Inggris Untuk Programmer

Apa yang harus dilakukan pertama kali untuk menjadi seorang programmer? menghafal beberapa syntax? Belajar bahasa C++? Semua itu tidaklah benar, kamu tidak harus menghafal syntaxnya untuk menjadi seorang programmer dan kamu tidak harus mencoba bahasa pemrogramman paling sederhana untuk menjadi seorang programmer yaitu C++, namun kamu harus belajar bahasa inggris terlebih dahulu.

Kenapa harus belajar bahasa inggris untuk menjadi seorang programmer ? Pada hakikatnya ilmu itu koheren dengan asal usulnya, seperti kita ingin memperdalam ilmu agama islam, maka disarankan belajar bahasa arab agar, karena ilmu islam datangnya dari jazirah arab dan memakai bahasa arab. Begitu sebaliknya dengan programmer kamu dituntut untuk memahami bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa sebab mengapa menjadi seorang programmer harus bisa berbahasa inggris.

  • Memahami pesan error dari bahasa pemrograman yang kamu olah
  • Mencari referensi belajar dari situs atau buku luar negeri (Lebih lengkap dan detail penjelasannya daripada buku atau situs lokal)
  • Bertanya mengenai hal yang belum diketahui atau error di forum global
  • Membaca dokumentasi sebagai pedoman
  • Klien dengan bayaran tinggi umumnya dari orang luar negeri

Tidak perlu memaksakan diri untuk bisa ahli dalam berbahasa inggris, cukup bisa berbahasa inggris secara pasif dan sedikit luangkan waktu untuk memahami lebih luas.


2. Membaca Dokumentasi

Yang kedua adalah membaca dokumentasi yang merupakan dokumen penjelas tentang cara penggunaan suatu teknologi. Banyak seorang programmer yang melewatkan membaca dokumentasi dari suatu teknologi, dan langsung mencoba mempraktekannya. Dokumentasi memang cenderung membosankan untuk dibaca. Karena dikemas dalam bahasa teknis membosankan, tidak banyak penjelasan gambar, dan menggunakan bahasa inggris.

Untuk dapat membaca dan memahami dokumentasi dari suatu teknologi adalah belajar bahasa inggris terlebih dahulu. Selain memahami bahasa inggris, kamu juga harus membaca dokumentasi beberapa kali. Dokumentasi biasanya tersedia dalam bentuk tutorial, referensi atau penjelasan, atau FAQs (pertanyaan yang sering ditanyakan).

Kamu bisa membaca dokumentasi dari suatu teknologi melalui Google. Misalnya kamu ingin membaca dokumentasi tentang MongoDB, kamu ketikkan di google dengan kata kunci "mongodb documentation".

MongoDB Documentation


3. Membaca Kode Program

Source Code

Membaca kode program atau source code kelihatannya lebih mudah. Memang betul mudah apabila kita menulis source code yang kita tulis sendiri mulai awal, karena logikanya merupakan hasil dari berpikir sendiri dan dapat dipahami. Biasanya di ranah pendidikan khususnya di sekolah jurusan IT, kita sering disuruh membuat project baru, setelah project baru selesai maka akan ada project baru lagi.

Berbeda dengan kenyataan di dunia pekerjaan, biasanya programmer pemula tidak disuruh langsung untuk membuat program mulai dari awal, tetapi mengembangkan program buatan orang lain. Nah tentu skill membaca kode program disini sangat dibutuhkan. Untuk mempermudah dalam membaca kode program orang, ada beberapa tips yang pernah AyGek dengar, diantaranya yaitu :
    1. Baca kode program dari bawah ke atas.
    2. Baca ulang bagian yang kamu pahami terlebih dahulu.
    3. Baca keterangan pada komentarnya.
    4. Biasakan stalking di Github dan Stackoverflow.

5 Channel Youtube Belajar Coding dalam Bahasa Indonesia Terbaik dan Terbaru << BACA JUGA


4. Debugging

Debugging

Debugging merupakan aktivitas mencari kesalahan atau bug di dalam kode program. Proses debugging ini bisa jadi membutuhkan proses yang lebih lama dari proses menulis kode. Bahkan bisa menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu untuk menemukan sumber masalahnya.

Ketika kamu menjadi seorang programmer dan menemukan sebuah masalah atau error dalam program yang kamu buat, maka jangan langsung melempar masalah tersebut untuk ditanyakan di dalam forum. Namun kamu perlu menganalisanya sendiri terlebih dahulu. Kamu perlu memahami maksud dari pesan error tersebut dan mengatasinya sendiri, bila memang sudah mentok dan menghabiskan beberapa hari kamu boleh bertanya di sebuah forum. Semakin banyak masalah yang kamu atasi, maka akan semakin bertambah pengalamanmu.

5. Kemampuan Googling

Skill menelusuri di situs google atau googling diperlukan untuk memahami masalah atau stuck saat debugging. Sebelum kamu bertanya ke forum, kamu perlu mencari referensinya di Google terlebih dahulu. Dalam mencari referensi terbaik, kamu perlu menggunakan kata kunci yang tepat dan berbahasa inggris.

Contoh pencarian solusi untuk mengatasi masalah pada debugging di Google :

Kemampuan Googling

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara menjadi programmer untuk pemula atau syarat menjadi programmer yang tepat. Kesimpulan tentang apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang programmer adalah sering-sering membaca ilmu pengetahuan bahasa pemrograman dan sering mempraktekannya. Jika dilakukan secara konsisten dengan usaha yang tekun dan serius, InsyaAllah kamu bisa menjadi seorang programmer profesional.




Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments