Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store Xiaomi

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store Xiaomi

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Xiaomi adalah mengalami download pending di aplikasi Google Playstore dengan pesan Error : Can't download app (error retrieving information form server [DF-XXX-XX]). Masalah ini biasanya terjadi karena perubahan terbaru dalam cara Playstore menangani unduhan atau mungkin karena Playstore pada perangkat Xiaomi kamu sedang macet.

Tidak perlu panik atau khawatir, karena Aygek akan memberikan solusi untuk cara mengatasi download tertunda di play store pada semua perangkat Xiaomi. Simak baik-baik setiap langkah dari tutorial ini agar tidak terjadi kesalahan.

HP Xiaomi Harga 1 Jutaan Terbaik 2019 untuk Selfie atau Game Online << BACA JUGA

Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore Xiaomi


1. Pastikan koneksi internet stabil


Tidak bisa dipungkiri kondisi jaringan internet memiliki pengaruh besar dalam proses download di berbagai tempat, khususnya di Play Store. Cara pengecekan koneksi internet yang sedang kamu pakai, kamu bisa klik artikel tentang Cara Cek Kecepatan Internet secara akurat di PC / Laptop dan Android dengan mudah dan cepat.


2. Hapus Antrean Download


Pihak Google baru-baru ini telah memperbarui sistem Play Store sehingga kapasistas unduh hanya bisa dilakukan pada satu aplikasi dalam satu waktu, bukan lebih dari satu aplikasi seperti sebelumnya. Bagi kamu yang belum tahu mungkin kamu mendownload terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu sehingga membuat antrean unduhan. Hal ini tentu menghambat proses download yang mengakibatkan pending.

Kamu dapat menghapus antrean download di Play Store terlebih dahulu untuk dapat mengunduh aplikasi yang sedang kamu butuhkan. Caranya buka Play Store, geser masuk dari tepi kanan layar, dan pilih Aplikasi & game saya, klik icon silang atau X pada proses unduhan untuk membatalkan unduhan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah << BACA JUGA

3. Logout Ulang Akun Google di Play Store


Cara ini tergolong mudah kamu hanya perlu log out dari akun google yang terpasang di Google Play Store Xiaomi kamu. Kamu bisa coba masuk ke aplikasi Settings > klik Other Accounts > pilih Google > logout semua email yang ada > klik Remove account ( Remove disini bukan berarti hapus akun, tetapi logout akun yang menempel pada perangkat).

Setelah cara tersebut dilakukan coba matikan smartphone Xiaomi kamu dan tunggu beberapa menit. Lalu coba hidupkan kembali dan masuk ke Play Store serta login kembali ke akun kamu.

4. Paksa Berhenti dan Bersihkan Data Play Store


AyGek menyarankan untuk melakukan cara ini agar Play Store dapat kembali fresh dan berjalan tanpa ada beban file yang menumpuk. Caranya pertama kamu masuk ke aplikasi Settings > Scroll kebawah sampai menemukan menu aplikasi > Cari aplikasi Google Play Store > Klik Aplikasi Google Playstore > Klik Paksa Berhenti > Masuk ke sub menu Penyimpanan > Hapus Penyimpanan.

Bersihkan Data Play Store


5. Berikan Akses Penuh Play Store


Setelah melakukan clear data pada Play Store, hal yang perlu kamu lakukan adalah memberikan akses atau ijin penuh pada aplikasi Play Store. Caranya hampir sama seperti cara keempat, namun kamu harus masuk ke menu ijin > Berikan semua akses ke Playstore dengan memberikan centang hijau.

Setelah itu buka aplikasi Google Play Store, jangan panik atau heran ketika sudah membuka aplikasi Play Store yang menjadi blank berwarna putih. Hal itu terjadi apabila kamu telah melakukan cara ke 4 dan ke 5 yang membuat Play Store melakukan proses sinkron ulang. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai proses reload dan sinkron akun Google Play berlangsung.

Akhir Kata


Itulah cara mengatasi download pending atau tertunda di Google play store Xiaomi. Tutorial diatas bisa saja tidak mirip dengan settingan dalam Xiaomi kamu karena perbedaan tipe dan versinya. Tetapi secara keseluruhan, intinya hampir sama cuman perbedaan kata saja. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat buat kalian semua, dan nantikan artikel terbaru dari AyGek selanjutnya.


Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments