Cara Meningkatkan Kinerja RAM Android Tanpa Root Agar Ponsel Semakin Cepat

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Android Tanpa Root Agar Ponsel Semakin Cepat

Cara Mempercepat atau Meningkatkan Kinerja RAM Android - RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen penting dari sebuah smartphone yang berfungsi sebagai memori penyimpanan sementara. Memori penyimpanan sementara disini berarti memori yang menampung aplikasi yang sedang berjalan. Jadi semakin besar RAM yang terpasang di suatu ponsel maka dapat dipastikan aplikasi-aplikasi yang berjalan akan lebih lancar.

Nah, apabila smartphone android yang kamu pakai terasa lambat atau lemot dibandingkan waktu awal pemakaian, bisa jadi disebabkan kapasitas RAM sudah semakin sempit karena terisi banyak aplikasi yang sedang berjalan. Contohnya kamu ingin membuka aplikasi Instagram, prosesnya akan lebih lambat dibanding sebelumnya.

Cara ampuh mengatasi HP Android Lemot setelah di Root << BACA JUGA

Mengingat mengganti atau mengupgrade RAM pada smartphone sangat sulit dilakukan karena beberapa alasan, maka jalan yang harus ditempuh adalah membeli smartphone baru dengan RAM yang lebih tinggi atau melakukan beberapa trick untuk membebaskan RAM dari banyak aplikasi yang berjalan, sehingga dapat memaksimalkan kinerja RAM. Bagi kamu yang tidak pingin ribet dengan melakukan cara manual untuk menghentikan banyak aplikasi yang sedang berjalan, AyGek akan memberikanmu cara otomatis untuk membebaskan RAM dari aplikasi yang sedang berjalan.

Cara Mempercepat Kinerja RAM Android Agar Lebih Cepat


Smart Booster

Untuk bisa melakukannya secara otomatis, kamu membutuhkan aplikasi yang bernama Smart Booster. Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat dan memaksimalkan kinerja smartphone android. Sistem kerja dari aplikasi ini adalah melakukan nonaktif aplikasi yang tidak digunakan dan menghapus beberapa file yang berjalan yang tidak digunakan secara otomatis. Nah, kalau kamu sudah paham dengan maksud dan cara kerja dari Smart Booster, kamu bisa melanjutkan ke cara penggunaannya seperti dibawah ini.

    1. Download dan install aplikasi Smart Booster yang tersedia di Google Playstore.
    2. Buka aplikasi Smart Booster, kamu dapat langsung memaksimalkan kinerja RAM dengan cara menekan ikon roket yang ada di layar.

Cara penggunaan secara umumnya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah diatas, namun ada langkah khusus untuk dapat memaksimalkannya secara lebih dengan mengaturnya terlebih dahulu. Ikuti langkah dibawah ini untuk melakukan setting khusus.

    1. Pada aplikasi Smart Booster, masuk ke menu Settings.
    2. Klik menu RAM Boost, maka akan muncul pop up Boost Level.
    3. Pilih Boost level sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa memilih Gentle, Medium, Strong, dan Aggresive. Pilih Aggresive jika kamu ingin memaksimalkan kinerja RAM ke tahap maksimal.
    4. Jika sudah memilih, centang bagian "Boost when screen off".
    5. Langkah berikutnya, atur "Delay to boost when screen off" menjadi "Immediately".
    6. Agar bisa menghindari aplikasi bekerja untuk memaksimalkan kinerja RAM secara terus menerus, kamu dapat mencentang bagian "Boost Automatically".
    7. Lalu atur juga RAM thresohld menjadi 100MB.
    8. Kemudian tahap terakhir, ubah Boost Interval menjadi 5 menit atau sesuai dengan keinginanmu.

Cara Ampuh Mengatasi HP Bootloop Android << BACA JUGA

Akhir Kata

Itulah cara meningkatkan kinerja HP android agar lebih ringan dan cepat. Sebagai pengguna android yang bijak, mengoptimalkan ram android memang perlu dilakukan agar smartphone dapat berjalan dengan baik. Namun yang lebih penting jangan dilakukan secara berlebihan dan jangan sampai melakukan rooting. Cara menggunakan ram booster tanpa root ini sangat mudah dilakukan dan aman. Baiklah, cukup sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.



Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments