5 Cara Pintar untuk Menghindari Serangan Hacker Akun Sosial Media dan Akun Perbankan


Cara Pintar untuk Menghindari Serangan Hacker Akun Sosial Media dan Akun Perbankan

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kehidupan manusia saat ini sudah memasuki era digital. Hampir semua kebutuhan dan informasi bisa diperoleh melalui internet yang bisa diakses dengan PC / Laptop atau bahkan smartphone. Karena banyaknya pengguna internet saat ini, maka semakin banyak juga tindakan kriminal yang terjadi di dunia maya, seperti penipu online, penyebar hoax, dan serangan hacker. Hal yang AyGek bahas kali ini adalah cara mengatasi serangan hacker, dimana orang yang awam di dunia maya akan menjadi sasaran empuk seorang hacker. Hacker sendiri merupakan orang yang berusaha membobol sistem baik sistem perusahaan ataupun pribadi yang bertujuan untuk mengambil atau mengetahui data.

Serangan hacker biasanya sulit untuk dideteksi, sehingga sebagian orang tidak menyadari kalau perangkatnya terkena hack atau tidak. Agar bisa mencegah atau meminimalisir serangan dari hacker yang menyerang perangkatmu saat online, sebaiknya lakukan kelima hal dibawah ini.

3 Bahaya Menggunakan Software Bajakan << BACA JUGA


5 Tips Pintar dalam Penggunaan Internet



1. Jangan Membagikan Data Pribadi secara Sembarangan

Jangan Membagikan Data Pribadi secara Sembarangan

Maksud dari tidak membagikan data pribadimu dengan sembarangan bukan berarti membagikan data pribadimu ke orang lain secara langsung melalui media sosial seperti FB, Instagram, atau WhatsApp. Namun, yang ditekankan ini adalah tidak sembarangan mendaftar ke situs web yang tidak dikenal. Maraknya pencurian data membuat hacker semakin cerdas untuk memanipulasi orang agar mau membagikan data pribadinya. Mereka akan membuat sebuah situs dengan konten yang sedang kamu butuhkan, misalnya situs hack game dengan uang dalam game tak terbatas, situs pemberi followers intagram gratis, dan lain sebagainya. Situs tersebut bisa dinamakan web phising.

Pada hakekatnya memang tidak ada yang gratis di dunia ini, jika betul gratis maka pengganti pembayaran dengan uangnya adalah data pribadimu. Oleh karena itu kamu harus memastikan apakah web tersebut aman untuk digunakan. Cara pertama untuk memastikan situs tersebut aman adalah dengan memperhatikan urlnya, pastikan url tersebut menggunakan protokol https, bukan http. Cara kedua yaitu usahakan untuk bertanya ke forum-forum internet terkenal tentang situs tersebut, minta rekomendasi dari mereka apakah situs tersebut aman untuk diakses.

2. Hindari Penggunaan Password yang Sederhana

Hindari Penggunaan Password yang Sederhana

Pengguna media sosial atau game online pasti sudah familiar dengan namanya "Password". Password merupakan kata kunci sebagai akses masuk ke akun sosial media tertentu. Penggunaan password sendiri tidak hanya untuk sosial media, namun akun perbankan online juga menggunakan password. Penggunaan password yang sederhana menjadi santapan empuk bagi para hacker. Password sederhana seperti angka berurut : 12345678 dan nama sederhana seperti password, sudah tentu bakal mudah untuk dibobol.

Tidak sedikit hacker yang memiliki tool khusus yang bisa membobol secara otomatis akun sosial media atau perbankan online yang menggunakan kata sandi atau password seperti 12345678 dan password. Oleh karena itu, gunakan password serumit mungkin dan mudah diingat. Cara membuat password yang aman dan kuat adalah menggunakan kombinasi huruf, lowercase, uppercase, simbol, dan angka. Jika merasa sulit untuk diingat, pastikan kamu mencatatnya di dua media berbeda untuk menghindari kehilangan seperti di HP dan buku catatan.

3. Jangan Gunakan Password yang sama untuk Semua Akun

Jangan Gunakan Password yang sama untuk Semua Akun

Terkadang netizen yang memiliki banyak akun sosial media akan menerapkan satu password yang sama untuk semua akun yang dipunya. Jika kamu menerapkan hal seperti ini, sebaiknya kamu segera mengganti semua akun sosial mediamu, karena jika salah satu akun sosial media atau akun perbankan kamu terkena serangan hacker, maka semua akun kamu akan ikut diretas. Lebih baik gunakan satu password untuk satu akun, apabila kamu punya 10 akun berarti kamu harus mempunyai 10 password yang berbeda.

4. Periska App Permissions sebelum Install Aplikasi

Periska App Permissions sebelum Install Aplikasi

Halo pengguna perangkat mobile? Apakah kamu suka menginstall aplikasi aneh-aneh untuk memenuhi kebutuhanmu di dunia maya? Apabila kamu salah satu diantara orang yang suka menginstall aplikasi yang kurang terkenal untuk menunjang aktivitas di dunia maya seperti aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil followers, dan sebagainya, maka berpandailah dalam penggunaan ponsel.

Suatu aplikasi yang hendak diinstall di HP kamu, pasti akan muncul notifikasi App Permissions yang berisi ketarangan perijinan tentang apa saja hak akses yang akan kamu berikan ke aplikasi yang ingin kamu install. Apabila aplikasi tersebut masih belum jelas dan tidak terkenal, lebih baik kamu memperhatikan betul hak ijin akses pada aplikasi tersebut terutama dibagian ijin akses kontak handphone.

5. Gunakan VPN saat berselancar di Internet

Gunakan VPN saat berselancar di Internet

Virtual Private Network (VPN) merupakan sebuah layanan jaringan internet yang memungkinkan kamu mengunjungi situs web secara private dan aman. VPN memiliki fungsi utama untuk menjaga kerahasiaan, karena VPN akan mengenskripsi data kita sehingga ketika hacker sedang melakukan pencurian data, maka hacker tersebut akan kesulitan membaca data tersebut karena data telah diacak oleh VPN.

VPN sering dimanfaatkan orang untuk membuka situs yang telah diblokir oleh pemerintah. VPN memungkinkan kamu untuk menggunakan IP Adress negara lain, sehingga kamu bisa membuka situs yang telah diblokir pemerintah. Saat ini terdapat banyak aplikasi VPN yang tersedia di internet, Google Play Store, dan AppStore secara gratis atau berbayar.

Cara Membuka Website yang Diblokir di HP Android tanpa Aplikasi Tambahan << BACA JUGA

Akhir kata


Itulah beberapa tips dari AyGek tentang Cara Mengamankan akun Media Sosial atau akun Perbankan dari serangan Hacker. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun setelah dampaknya kamu akan merasakan bagaimana akunmu diretas hacker. Jadi pastikan untuk selalu waspada di dunia internet ini guys. Jadilah pengguna Internet yang Smart agar kamu dapat mengatasi serangan hacker yang merajalela.


Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments