Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri dengan Tepat

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Semua Merek

Salah satu kendala atau hambatan yang paling menjengkelkan dalam dunia komputer adalah laptop mati sendiri. Kendala seperti ini memang tergolong umum, namun sangat menakutkan bagi kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang bekerja dengan mengandalkan laptop.

Tanpa laptop, maka tidak akan ada pemasukkan untuk keperluan sehari-hari. Jika kamu berada pada situasi seperti itu, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui penyebab-penyebabnya. Jangan berasumsi terlalu cepat untuk memutuskan membeli laptop baru, siapa tau kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut tidak terlalu parah dan biaya perbaikannya tidak mahal.

Umumnya kejadian seperti ini terjadi pada mereka yang memiliki laptop dengan usia yang cukup tua, yaitu berumur lebih dari 2 tahun. Pada usia tersebut, ketahanan dan keandalan hardware yang ada di dalam laptop tersebut akan menurun, sehingga kualitas dan performa dari laptop juga akan menurun.

Berikut ini adalah penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya untuk semua merek.

Cara Mudah Membersihkan Laptop Supaya Tidak Lemot << BACA JUGA

Penyebab Laptop Mati Sendiri


1. RAM mengalami kerusakan

RAM rusak

Layaknya organ dalam tubuh manusia, ketika satu organ mengalami masalah atau sakit maka semua anggota tubuh akan merasakannya, hal ini terjadi juga pada laptop. RAM merupakan salah satu perangkat vital yang ada di dalam laptop, apabila RAM tersebut mengalami kerusakan, maka kinerja laptop akan mengalami masalah.

RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sementara, aplikasi atau program yang sedang berjalan pasti membutuhkan penyimpanan agar dapat berjalan dengan baik, nah disitulah RAM bekerja untuk menyimpan sementara data dari aplikasi atau program tersebut. Apabila RAM mengalami kerusakan seperti terkena debu terlalu banyak, tergores, retak, atau pecah, maka laptop akan mati sendiri.

Salah satu tanda bahwa RAM mengalami kerusakan yaitu laptop mati sendiri dalam beberapa menit setelah dihidupkan. Kamu harus membongkar laptop dan mengamati RAM, lakukan analisa dibagian kuningannya apakah terkena goresan atau tidak.

Jika kamu tidak begitu ahli dalam hal seperti itu, kamu bisa mencoba memakai RAM lain untuk digunakan di laptop tersebut. Setelah menggunakan RAM lain, kamu perlu mencoba performa dari laptop kamu apakah masalah mati sendiri sudah tidak terjadi atau tidak lagi.

2. Prosesor Laptop Mengalami Kerusakan

Prosesor Rusak

Prosesor merupakan otak utama dari sebuah laptop, maka sebagian besar proses komputasi terjadi di prosesor. Karena perannya yang sangat vital, prosesor yang mengalami sedikit kerusakan akan berakibat fatal bagi laptop.

3. Baterai Laptop Rusak

Baterai Laptop Rusak

Baterai merupakan tempat penyimpanan daya listrik yang digunakan untuk menghidupkan semua perangkat yang ada di dalam laptop sehingga laptop dapat hidup dan bekerja dengan normal. Baterai laptop yang rusak menimbulkan permasalahan pada sebuah laptop salah satunya yaitu laptop mati sendiri.

4. Motherboard laptop rusak

Motherboard Rusak

Satu lagi perangkat yang rusak akan membuat laptop mati sendiri yaitu motherboard. Motherboard berfungsi sebagai penghubung antara prosesor, RAM, GPU dan hardware lainnya. Apabila motherboard rusak, maka laptop akan mati sendiri saat booting, sehingga laptop tidak bisa digunakan sama sekali.

5 Laptop Murah dan Terbaik untuk Karyawan Kantoran 2019 Harga 4 - 5 Jutaan << BACA JUGA

5. Laptop Mengalami Panas Berlebihan (Overheat)


Seringkali orang meremehkan laptop yang panas ketika digunakan, bila dibiarkan maka bisa mengakibatkan panas berlebihan atau overheat. Namun permasalah seperti ini seringkali terjadi pada laptop keluaran lama yang dirilis lebih dari 4 tahun lalu, laptop keluaran baru sudah menggunakan terobosan baru dengan menghadirkan pendingin khusus agar laptop tidak cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri


1. Gunakan Pendingin Eksternal


Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, bahwa salah satu penyebab laptop mati sendiri adalah laptop mengalami overheat, yang menimbulkan laptop secara tiba-tiba. Oleh karena itu kamu perlu memperbaiki sistem pendingin yang terpasang di laptop kamu, kamu bisa membawa laptop kamu ke service center dan minta pihak service center untuk memperbaiki pendingin laptop kamu.

Namun, ketika kamu malas untuk pergi service center, kamu bisa membeli alat pendingin eksternal yang dijual di toko komputer terdekat atau online shop.

2. Mengganti Baterai


Permasalahan pada baterai seringkali membuat laptop cepat mati atau tiba-tiba mati sendiri. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengganti baterai laptop kamu yang rusak agar dapat berjalan layaknya laptop normal.

Namun, ketika kamu belum punya cukup uang untuk membeli baterai baru, kamu bisa mencopot baterai kamu untuk sementara waktu yang mengakibatkan laptop kamu akan berfungsi layaknya sebuah PC dimana laptop harus dialiri listrik atau dicharge terus menerus agar tetap hidup.

3. Mengganti Hardware dalam Laptop yang Rusak


Telah dijelaskan di atas bahwa perangkat keras di dalam laptop yang mengalami kerusakan dapat mengakibatkan menurunnya performa dari laptop tersebut sampai laptop tiba-tiba mati sendiri padahal baterai penuh. Hardware yang berpengaruh penting dalam masalah laptop mati sendiri antara lain :

  • RAM
  • Prosesor
  • Motherboard


Akhir Kata


Untuk mengetahui letak kesalahannya, kamu bisa membawa laptopmu ke tukang servis terpecaya, sehingga kamu akan mendapatkan rekomendasi di mana letak permasalahannya dan apakah kamu tetap meneruskan memperbaikinya atau membeli laptop baru. Jika kamu ingin mencari rekomendasi laptop terbaik dengan kualitas bagus namun memiliki harga yang terjangkau, mungkin bisa cek artikel tentang 5 Laptop RAM 8GB Murah dan Terbaik cocok buat desain dan gaming.



Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments