Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop beserta Penyebab errornya.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop

Lagi kepepet buat mindahin file penting ke flashdisk? tetapi flashdisk tiba-tiba tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi di PC/Laptop ? Masalah seperti ini memang sudah sering terjadi pada sebuah flashdisk, apalagi jika flashdisk yang kamu gunakan sudah lama.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya apa saja penyebab flashdisk yang tidak bisa dibaca oleh PC/Laptop ? Pada artikel kali ini AyGek akan memberikan kamu informasi mengenai penyebab flashdisk tidak terdeteksi di PC/Laptop beserta cara mengatasinya.

Cara Cepat mengatasi Windows 10 Expired dalam 5 menit << BACA JUGA

Beberapa Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop


Pada hakikatnya, semua perangkat baik PC/Laptop yang memiliki port USB, maka perangkat tersebut dapat menampung flashdisk. Namun, ada beberapa sebab mengapa flashdisk tidak bisa terbaca atau terdeteksi di PC/Laptop, baik menggunakan Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Oleh karena itu mari kita simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

1. Port USB atau konektor Flashdisk Terkena Debu atau Kotoran

Flashdisk terkena debu

Kotoran atau debu dapat mengganggu jalannya proses terhubungnya flashdisk dengan PC/Laptop. Apalagi jika kamu sudah terbiasa memainkan atau meletakkan flashdik, PC, atau laptop kamu di sembarang tempat yang notabenenya kotor dan berdebu, maka bisa dipastikan kalau port USB kamu kemasukkan debu.

2. Virus dan Malware


Virus pada dunia komputer memang selalu memberikan kerugian bagi korban. Kebanyakan Virus atau Malware dapat menyerang flashdisk, karena flashdisk tersebut sering disambungkan ke PC atau laptop sembarangan secara bergantian.

3. Driver USB bermasalah


Suatu hardware dapat berfungsi secara optimal apabila perangkat tersebut sudah terpasang Driver dari hardware tersebut. Sebagai contoh kabel internet atau LAN, biasanya PC atau laptop yang baru tidak memiliki driver untuk hardware tersebut. Kamu harus menginstall driver dari kabel internet atau LAN tersebut di PC/Laptop yang kamu gunakan agar kabel LAN tersebut dapat bekerja atau aktif ketika terhubung dengan PC/Laptopmu.

Hal ini juga berlaku pada flashdisk, agar bisa terdeteksi di PC/Laptop, kamu perlu menginstall drivernya terlebih dahulu. Driver yang dibutuhkan untuk flashdisk adalah driver USB. Umumnya laptop atau PC baru, secara otomatis sudah terinstall driver USB. Namun tidak menutup kemungkinan driver tersebut hilang karena driver USB sedang bermasalah.

Untuk melakukan pengecekan apakah driver USB sedang dalam kondisi terinstall, kamu bisa melakukan pengecekan melalui Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager > opsi Universal Serial Bus controllers.

4. Windows bermasalah


Umumnya flashdisk tidak terbaca karena driver USB bermasalah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Windows yang kita pakai sedang bermasalah. Hal ini dapat menyebabkan PC/Laptop tidak bisa membaca flashdisk yang terhubung. Dalam kasus ini biasanya dapat ditempuh dalam jalan recovery, namun bagi yang tidak pernah membuat recovery, dapat mengginstall ulang PC/Laptopnya.

5. Flashdisk Palsu


Barang palsu memang selalu memberikan kualitas buruk ketika digunakan. Untuk kasus flashdisk, tidak menutup kemungkinan kita membeli flashdisk dengan merek terkenal namun kualitasnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hati-hati ketika sedang mencari sebuah flashdisk baru, kamu bisa melihat gambar dibawah ini untuk mengetahui perbandingan umum flashdisk palsu dengan yang asli.

Flashdisk Palsu


Bahaya menggunakan software bajakan! << BACA JUGA

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca


1. Bersihkan Port USB dan Konektor Flashdisk


Kemungkinan terbesar flashdisk tidak terdeteksi oleh PC/Laptop karena kemasukan kotoran atau debu. Kamu bisa mengatasinya menggunakan kuas pembersih dan karet penghapus.

  • Coba bersihkan port USB dan konektor USB dengan menggunakan kuas pembersih untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.
  • Jika konektor USB bertipe terbuka, kamu dapat membersihkan lempengan kuningan pada flashdisk dengan menggunakan karet penghapus
  • Hubungkan flashdisk di PC/laptop lain. Pada tahap ini bertujuan untuk melakukan pengujian apakah yang rusak itu flashdisk atau PC/Laptop.


2. Scan Flashdisk


Apabila flashdisk kamu tidak terdeteksi oleh PC/laptop karena serangan virus atau malware, maka yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pemindaian dengan software antivirus atau scanning. Bagi kamu yang kebingungan untuk memiliki antivirus terbaik di PC/laptop, kamu bisa lihat pada artikel berikut : Antivirus Terbaik dan Gratis PC atau Laptop 2019.

3. Install Ulang Driver USB


Untuk dapat melakukan cara ini, kamu perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Pertama, hubungkan flashdisk yang tidak terbaca dengan PC/laptop
  • Klik Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager > opsi Universal Serial Bus controllers.
  • Buka menu dropdown dari opsi Universal Serial Bus controllers, lalu cari perangkat bernama USB Mass Storage Device.
  • Klik kanan pada USB Mass Storage Device, lalu pilih opsi Uninstall Device
  • Setelah proses selesai, kamu bisa mencabut flashdisk, kemudian me-restart PC/laptop.


4. Menggunakan Command Prompt (CMD)


Cara ini tergolong cara lawas, namun masih tetap manjur. Cara mengetahui flashdisk tidak terbaca dengan Command Prompt atau CMD, tergolong cukup rumit bagi pemula, namun kamu dapat mengikuti langkahnya dibawah ini dengan mudah.

  • Pertama, hubungkan flashdisk dengan PC/laptop, kemudian buka Command Prompt yang bisa dicari dengan klik logo Windows di pojok kiri bawah, lalu ketikkan "command prompt"
  • Tunggu jendela Command Prompt terbuka, lalu sambungkan flashdisk yang tidak terbaca ke PC/laptop.
  • Perhatikan tempat flashdisk kamu, misal penyimpanan flashdisk terdapat di folder "G" maka ketikkan "g:" tanpa tanda petik ke command prompt
  • Lalu ketikkan chkdsk/g, lantas akan terdapat pilihan Y/N, ketikkan Y untuk yes.
  • Terakhir, tidak lama kemudian akan muncul notifikasi untuk merestart perangkat, pilih yes untuk merestart perangkat kamu.


Akhir Kata


Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca oleh PC/laptop. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi kalian semuanya, dan jangan lupa untuk share artikel ini agar manfaat yang diberikan bisa menyebar luas.


Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments