Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate di Windows yang jarang diketahui orang

Perbedaan Mode Sleep dan Hibernate di Windows yang jarang diketahui orang

Pernahkah kamu mengerjakan tugas hingga berlarut larut malam sampai membuatmu ketiduran dan membiarkan laptop menyala semalaman ? Jika settingan pada PC / Laptopmu default, maka otomatis laptop / PC yang kamu tinggal tidur tersebut akan mati dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan adanya fitur Sleep yang membuat laptopmu mati, sementara aplikasi atau tugas yang kamu buka tidak hilang layaknya shutdown laptop.

Mode Sleep menggunakan daya yang lebih kecil dan kamu bisa mulai mengerjakan tugas ketika dihidupkan kembali. Namun istilah Sleep ini terkadang dikaitkan dengan istilah Hibernate. Biasanya mode Hibernate akan muncul jika pengguna sudah mengaktifkan mode tersebut untuk muncul di taskbar. Mungkin ketika kamu meminjam laptop teman kamu dan klik tombol powernya terdapat pilihan Hibernate. Jadi apa perbedaan Sleep dan Hibernate ? Apakah Sleep itu tidur sebentar dan Hibernate itu tidur panjang ?

Cara mudah mengatasi Windows 10 Expired << BACA JUGA

Apa itu Mode Sleep dan Hibernate


1. Pengertian Mode Sleep


Mode Sleep hanya terdapat pada sistem operasi Windows, namun mode ini hanya istilah saja, dalam operasi lain seperti Linux dikenal dengan mode Suspend. Sleep dalam komputer merupakan suatu perintah untuk membuat PC / Laptop tertidur, dimana laptop akan mati namun Windows menyimpan semua aktifitas yang berjalan di dalam RAM dan menyerap daya sangat kecil.

Ketika Laptop dan PC dihidupkan kembali dari mode ini, otomatis aktivitas yang berjalan tadi akan kembali seperti semula dalam beberapa detik saja. Mode ini memiliki kesamaan dengan mode Standby yaitu mematikan monitor, sehingga konsumsi listrik akan menghemat penggunaan listrik.

2. Pengertian Mode Hibernate


Mode ini bisa diibaratkan merupakan gabungan dari mode Shutdown dan mode Sleep. Kenapa bisa begitu? karena mode ini akan mematikan komputer secara keseluruhan, namun sebelum dimatikan aktifitas yang berjalan dari RAM akan dipindahkan ke harddisk terlebih dahulu, sehingga saat dihidupkan akan kembali seperti semula. Pengembalian aktifitas seperti semula membutuhkan waktu yang lebih lama dari Sleep, karena aktifitas tadi disimpan di harddisk.

Namun untuk durasi pengembalian data ini bisa cepat atau lambat tergantung dari jenis penyimpanan kamu memakai HDD atau SSD. Jika menggunakan SSD, maka proses pengembalian data akan berjalan lebih cepat.

Mana yang lebih baik digunakan antara Sleep atau Hibernate ?


Setelah ditinjau dari penjelasan diatas, ternyata perbedaan mendasarnya hanya dari kecepatan dalam mengembalikan aktifitas yang berjalan semula. Namun diantara kedua mode tersebut manakah yang lebih cocok digunakan? Jika kamu menggunakan laptop, lebih baik menggunakan mode sleep karena mode ini bisa mengembalikan kerjaan tugas dengan cepat.

Sedangkan mode Hibernate lebih cocok dan aman ketika digunakan untuk komputer, karena ketika PC tersebut kehilangan daya maka data yang berjalan dapat disimpan dengan aman walaupun proses booting berjalan lebih lambat ketimbang Sleep.

Cara cepat cek spesifikasi di PC dan Laptop Windows 10 << BACA JUGA

Cara memunculkan mode Hibernate 


Jika di laptop / PC kamu ketika menekan tombol power tidak muncul pilihan Hibernate maka kamu harus memunculkannya sendiri secara manual. Caranya cukup mudah, ikuti langkah dibawah ini untuk memunculkan Hibernate.



  • Buka Control Panel pada Windows, lalu klik Hardware and Sound.
  • Control Panel
  • Pada halaman selanjutnya, klik Change what the power button do pada kolom Power Option.
  • Power Option
  • Klik Change settings that are currently unavailable.
  • Change settings that are currently unavailable
  • Pilihan Hibernate lalu dapat kamu centang, kalau sudah klik save changes.
  • Opsi Hibernate sudah muncul di tombol Power pada Windows kamu
Hibernate Windows


Akhir Kata


Itulah perbedaan Sleep dan Hibernate di Windows yang banyak dihiraukan orang. Walaupun sepele, tetapi fungsi dari kedua mode ini dapat membuat Laptop atau PC kamu menjadi lebih efektif dalam penggunaan daya.



Post a Comment

0 Comments