Apa itu Cloud gaming ? Inovasi teknologi industri game masa depan ?




Apa itu Cloud gaming

Seiring dengan berjalannya zaman, teknologi berkembang makin pesat. Banyak aspek yang mengalami perubahaan lebih maju karena adanya teknologi canggih yang mendukung. Salah satunya yaitu industri game yang kini menghadirkan inovasi terbaru yaitu cloud gaming. Apa sebenarnya cloud gaming itu ?

Mengingat jejak atau riwayat industri game, beberapa puluhan tahun yang lalu game hanya bisa dimainkan dengan mengunjungi zona arcade. Tidak lama kemudian hadirlah console yang membawa kegiatan bermain game ke dalam rumah. Lalu dengan hadirnya internet, jarak yang memisahkan pemain satu dengan pemain lainnya sudah tidak terhalang lagi.




Pada tahun 2000-an, beberapa visioner membayangkan bahwa di masa depan nanti, aktivitas gaming tidak lagi membutuhkan hardware khusus seperti console dan PC. Untuk membuktikan hal itu, dicetuskanlah ide cloud gaming. Dapat disimpulkan bahwa cloud gaming merupakan teknologi yang memungkinkan gamers menjalankan PC Gaming melalui perantara koneksi internet.

Artinya, pemain atau pengguna tidak memainkan game pada perangkat elektronik yang mereka miliki, melainkan meminjam/ menyewa dan mengendalikan PC gaming dari jarak jauh, seperti mengakses komputer dengan metode remote link layaknya menonton video streaming. Nah seperti itulah pengertian cloud gaming, untuk mengetahui lebih lanjut tentang cloud gaming, AyGek akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari cloud gaming.

5 Game RPG Offline Terbaik di PC / Laptop << BACA JUGA

Fakta mengenai Cloud Gaming


Kelebihan cloud gaming


1. Bisa bermain game grafik tinggi tanpa perlu membeli perangkat mahal


Hadirnya cloud gaming memang memiliki tujuan utama agar para gamers bisa bermain game tanpa perlu memusingkan perangkat yang dimilikinya. Pada umumnya sebelum bermain game, orang akan melihat persyaratan minimum game yang akan dimainkan. Jika perangkat yang dimilikinya sudah mumpuni maka dia dapat bermain game tersebut dengan lancar, jika tidak maka dia harus mengupgrade perangkatnya agar dapat bermain game tersebut.

2. Bisa dimainkan di berbagai perangkat


Seperti yang dijelaskan diatas para gamers tidak perlu memusingkan lagi perangkat yang dimilinya. Seperti yang kita ketahui, para developer game harus membuat versi yang berbeda untuk perangkat PC dan perangkat mobile. Dengan adanya cloud gaming, game-game tersebut bisa dimainkan di berbagai platform. Cloud gaming akan memproses semua komponen yang dibutuhkan untuk bermain game tersebut di dalam server penyedia layanan Cloud Gaming. Jadi, kamu bisa bermain game PC melalui HPmu ataupun sebaliknya.

3. Dapat integrasi ke Televisi


Hadirnya Smart TV memungkinkanmu bisa bermain game melalui televisi agar semakin menikmati feel permainan. Smart TV merupakan TV yang mempunyai otak atau prosesor yang dapat beroperasi layaknya komputer. Mengingat cloud gaming memungkinkan kamu bermain di berbagai perangkat, tidak menutup kemungkinan kamu bisa bermain di Smart TV hanya dengan bermodal jaringan internet, controller, dan software yang tepat.

4. Tidak perlu download game, langsung mainkan


Normalnya untuk dapat bermain suatu game, kita perlu mengunduh game tersebut dengan jumlahnya hingga satu sampai berpuluh puluh gigabytes (GB). Dengan adanya cloud gaming, hal tersebut tidak berlaku, karena cloud gaming akan memproses semuanya di dalam server penyedia layanan cloud gaming. Semua game juga akan diperbarui secara otomatis, jadi tidak perlu melakukan update.

10 Game Fighting Terbaik Kualitas Grafik Tinggi di PC << BACA JUGA

Kekurangan Cloud Gaming


1. Rendahnya resolusi game


Memang benar dengan adanya cloud gaming, memberikan solusi untuk memainkan game berat di berbagai perangkat apa saja. Semua hal tentang persyaratan, versi game, dan lainnya diatur didalam cloud server. Sehingga cara kerjanya akan seperti layanan streaming dimana kamu membutuhkan koneksi internet super cepat dan stabil untuk dapat bermain game di cloud gaming.

Jika tidak, kamu akan bermain game dengan kondisi tidak sempurna, sehingga terjadi lag atau resolusi game tersebut menurun. Masalah baru seperti inilah yang akan dihadapi gamers dan bukan lagi kendala spesifikasi hardware.

2. Membutuhkan Bandwidth yang tinggi


Untuk dapat bermain game melalui cloud gaming, kamu membutuhkan bandwidth internet yang sangat tinggi, agar kamu dapat bermain game dengan lancar. Kamu bisa cek kecepatan internet kamu sebelum mulai memikirkan untuk bermain game lewat cloud gaming. Untuk masalah bandwith, para provider sedang memikirkan untuk membuat teknologi jaringan untuk mengurangi bandwith yang dibutuhkan untuk streaming game.

3. Tidak gratis


Pada hakikatnya memang semua layanan tidak ada yang disediakan secara cuma cuma. Jika ada penyedia layanan yang bersifat gratis, maka data dan informasi pribadi kitalah yang diambil sebagai bayarannya.

Untuk dapat menggunakan cloud gaming, pengguna harus menyewa layanan tersebut. Harga dan durasi penyewaan tergantung dari penyedia layanan cloud gaming. Layanan cloud gaming lokal terbaik di Indonesia salah satunya yaitu Skyegrid. Untuk berlangganan atau sekedar ingin tahu apa itu cloud gaming kamu bisa mengunjungi situsnya klik disini.

Persyaratan bermain game melalui cloud gaming

  • Memiliki perangkat elektronik yang bisa digunkana untuk bermain game, seperti Smartphone, Tablet, PC, Laptop atau Smart TV.
  • Koneksi internet super cepat dan stabil, berarti kamu dituntun untuk memasang WiFi rumahan dengan paket internet yang memiliki kecepatan diatas rata rata
  • Software atau aplikasi untuk menjalankan cloud gaming dari penyedia layanan cloud gaming
  • Berlangganan cloud gaming dari penyedia layanan cloud gaming, yang berarti kamu harus menyewa dan menjadi anggota dari layanan tersebut.

Perbedaan cloud gaming dengan Emulator

Perbedaan cloud gaming dengan Emulator

Banyak yang beranggapan bahwa cloud gaming merupakan emulator. Pernyataan seperti ini sepenuhnya salah, pasalnya emulator merupakan software yang memungkinkan sebuah perangkat elektronik menjalankan game atau software tertentu yang semestinya tidak tersedia/compatible untuk perangkat yang sedang digunkan.

Contohnya ketika kamu ingin bermain PUBG Mobile di PC, tentu PUBG Mobile dikhususkan untuk dimainkan di sistem operasi android. Namun karena beberapa faktor, kamu ingin memainkannya di Windows menggunakan emulator yang mendukung.

Akhir Kata


Sekarang sudah lebih paham bukan, apa itu cloud gaming ? Seperti yang kita ketahui bahwa cloud gaming memiliki keunggulan dan kelemahan. Memang tak bisa dipungkiri lagi, semua teknologi pastinya memiliki celah, tidak mungkin ada teknologi yang sempurna tanpa ada kekurangan. Namun akan lebih baik jika teknologi memiliki keunggulan yang lebih banyak daripada kekurangannya. Sepertinya akan banyak perbaruan untuk teknologi cloud gaming di masa depan, kira kira kamu lebih cocok untuk bermain game seperti biasa atau menggunakan teknologi yang satu ini?


Baca Artikel Rekomendasi :

Post a Comment

0 Comments