Kumpulan Rumus Microsoft Excel Paling Penting di Dunia Kerja


Kumpulan Rumus Microsoft Excel Paling Penting di Dunia Kerja

Keberadaan microsoft excel saat ini sudah sangat membantu manusia untuk menuntaskan pekerjaannya terutama di bidang pengelolaan data barang dan harga. Software pengelola angka terbaik buatan microsoft yang satu ini memang didesain untuk menghitung beragam data angka dan berbasis tabel.



Bagi kamu yang ingin menguasai microsoft excel untuk kepentingan kerja maupun tugas belajar kamu tidak perlu ribet mengetahui sejarah atau pengertiannya. Kunci utamanya terletak pada memahami mana yang baris atau kolom dan pemanfaatan rumus untuk memudahkan perhitungan. Kamu perlu menghafalnya dan memahaminya agar efektifitas penggunaan microsoft excel kamu meningkat.

Salah satu cara ampuh untuk menguasai rumus Excel adalah dengan mempraktikannya secara langsung. Untuk itu aygek akan memberikan daftar rumus excel yang paling penting dipakai di dunia kerja dan sekolah agar kamu bisa mempraktekannya secara langsung.

Ingin membuat daftar rujukan dan sitasi secara otomatis ? << BACA JUGA


Baris dan kolom di microsoft excel


Baris dan kolom merupakan satuan penting yang wajib kamu hafal ketika menggunakan microsoft excel. Baris menandakan angka pada tabel, jika angka 1 berarti baris 1, jika angka 2 berarti baris 2 dan seterusnya.

Untuk Kolom ditandai dengan huruf, jika huruf A berarti kolom 1, jika huruf B berarti kolom 2, begitu seterusnya. Baris dan kolom ini nantinya akan menjadi syarat utama penggunaan rumus Excel.




Kumpulan rumus excel lengkap dan fungsinya

Note : Sebelum melanjutkan ke rumusnya, ada satu hal yang perlu kamu ketahui yaitu penggunaan titik koma (;) pada contoh rumus dibawah ini. Kamu bisa menggantinya dengan koma (,) jika laptop / PC / versi microsoft mu mendukung menggunakan koma dibanding titik koma. Jadi kamu harus melakukan percobaan terlebih dahulu dengan mencoba rumus sederhana menggunakan koma atau titik koma.




1. Rumus Excel If

IF merupakan rumus excel yang tergolong cukup membingungkan karena rumus ini berfungsi untuk mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. Logikanya sama seperti IF pada bahasa pemrograman, namun penulisannya harus sesuai dengan format di excel seperti berikut.

  • Rumus IF : =IF(kondisi,[nilai_jika_pernyataan_benar],[nilai_jika_pernyataan_salah])
  • Contoh Rumus IF :
    =IF(G2>89;"A";IF(G2>79;"B";IF(G2>69;"C";"D")))
Rumus Excel If

Contoh rumus diatas tergolong rumus IF berganda atau bertingkat dimana disana terdapat lebih dari satu kondisi. Contoh rumus diatas dijelaskan bahwa jika Skor (ditandai dengan G2) lebih dari 89 maka akan mendapatkan Nilai A. Namun jika Skor lebih dari 79 kurang dari 88 maka akan mendapatkan Nilai B, begitu seterusnya sampai yang terakhir jika nilai tidak memenuhi angka 89,79,69 maka akan otomatis mendapat nilai D.

2. Rumus Excel SUM

Rumus SUM merupakan rumus yang sangat mudah diingat karena rumus ini hanya berfungsi untuk menjumlahkan angka dari kolom satu ke kolom lainnya atau bisa menjumlahkan lebih dari dua kolom.
  • Rumus SUM : =Sum(angkatabel1,[angkatabel2],..]
  • Contoh Rumus SUM : =SUM(G2:G6)
Rumus Excel SUM

Contoh diatas artinya menjumlahkan angka dari baris 2 kolom G sampai baris 6 kolom G.

3. Rumus Excel VLOOKUP

Rumus Lookup berfungsi untuk mencari sebuah nilai data pada suatu kolom maupun suatu baris secara vertikal. Maksudnya vertikal ini dimana dan gimana? Jika data tersebut disusun dalam format vertikal, maka pengambilan data yang lebih cocok menggunakan Vlookup.

Rumus excel vlookup biasanya digunakan untuk mencari tahu data detail dari suatu data misalnya mencari tahu gaji pokok dari suatu pegawai atau jumlah anak karyawan tertentu.
  • Rumus vlookup : =vlokup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
  • Contoh Rumus vlookup : =VLOOKUP(B5;$B$13:$E$15;2)


Rumus Excel VLOOKUP


Contoh diatas memiliki dua tabel dasar dimana ada tabel data pegawai dan tabel gaji. Tabel gaji disini sudah tertera data dari suatu perusahaan yang digunakan untuk menggolongkan beberapa pegawai. Nah, untuk tabel data pegawai masih kosongan hanya terisi no, gol, dan nama pegawai. Untuk bisa menentukan gaji pokok pegawai, kita bisa menggunakan rumus vlookup dengan mengambil data dari Tabel gaji secara otomatis.

Karena di tabel data pegawai dan tabel gaji pada kolom Gol memiliki data yang relevan, maka kita bisa memanfaatkan itu sebagai rumus vlookup. Untuk data B5 itu penanda ke kolom gol di tabel data pegawai lalu untuk $B$13:$E$15 itu maksudnya menseleksi isi dari tabel gaji, bisa dilihat koordinat baris dan kolomnya. Dan yang terakhir angka 2 di akhir itu maksudnya memilih kolom 2 di tabel gaji yaitu Gaji Pokok.

4. Rumus Excel HLOOKUP

Rumus ini memiliki logika yang sama dengan Vlookup bedanya di pencarian data yang tersusun secara horizontal.
  • Rumus vlookup : =hlokup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
  • Contoh Rumus hlookup : =HLOOKUP(B5;$B$13:$E$15;2)


5. Rumus Excel Trim

Rumus ini berfungsi untuk membenarkan teks yang tidak beraturan dibagian penggunaan spasi yang berlebihan.
  • Contoh Rumus Trim : =trim("Ayman is    Geek Paling good soal tekno  ") atau =trim(baris&kolom_yang_ingin_dibenahi)


Tips Membersihkan Laptop Supaya Tidak Lemot << BACA JUGA

6. Rumus Excel Proper

Fungsi rumus proper adalah untuk membenahi teks yang memiliki kata kapital yang tidak beraturan. Jika ada lebih dari 1 kata misalnya "AyGek iToE NoMeR sAtu UrusAn TeKNO" maka semua kata tersebut awalannya menjadi huruf kapital dan mengganti huruf kapital ditengah atau diakhir menjadi huruf biasa. Hasilnya seperti ini "Aygek Itoe Nomer Satu Urusan Tekno
  • Contoh Rumus Proper : =proper("AyGek iToE NoMeR sAtu UrusAn TeKNO") atau proper(baris&kolom_yang_ingin_dibenahi).


7. Rumus Excel Upper

Jika yang diatas tadi merubah sebagian huruf biasa menjadi huruf kapital, maka Upper mengganti huruf biasa menjadi kapital semua. Misalnya kata "gUM GuM nO PiSToel" menjadi "GUM GUM NO PISTOEL".
  • Contoh Rumus Upper : =upper("gUM GuM nO PiSToel") atau upper(baris&kolom_yang_ingin_dibenahi).


8. Rumus Excel Lower

Logikanya sama dengan rumus Upper cuman bedanya rumus Lower mengganti semua huruf menjadi huruf kecil atau biasa semua.
  • Contoh Rumus Lower : =lower("gUM GuM nO PiSToel") atau upper(baris&kolom_yang_ingin_dibenahi).


9. Rumus Excel Average

Rumus average berguna untuk mencari nilai rata rata dari data. Bisa dua data atau lebih dari dua data yang dimana penggunaannya hampir sama dengan rumus SUM cuman bedanya SUM untuk menambahkan.
  • Rumus Average : =average(angkatabel1,[angkatabel2],..]
  • Contoh Rumus Average : =Average(G2:G6)

10. Rumus Excel Max

Rumus Max berfungsi untuk mencari nilai tertinggi dari deretan angka yang diseleksi. Misalkan dalam tabel, kamu mengisi data 5, 8, 10, 20, 25. Jika kamu menggunakan rumus Max dan menyeleksi kelima data tersebut maka hasil akhirnya adalah 25 karena nilainya tertinggi dari lainnya.
  • Rumus Max : =max(angkatabel1,[angkatabel2],..]
  • Contoh Rumus MAX : =max(G2:G6)

11. Rumus Excel Min

Min merupakan rumus kebalikannya dari MAX, jadi rumus Min mencari nilai terendah. Logikanya juga sama dengan rumus MAX, kamu tinggal meniru contoh rumusnya.
  • Rumus Min: =min(angkatabel1,[angkatabel2],..]
  • Contoh Rumus MIN : =min(G2:G6)


Itulah beberapa kumpulan rumus excel lengkap dan fungsinya mulai dari rumus penjumlahan, mencari data hingga pengolahan angka. Baik tambahan sedikit bagi kamu yang ingin mencari laptop yang cocok untuk kantoran harga murah dan sangat lancar digunkana untuk microsoft excel maupun word bisa cek tentang 5 Laptop Murah dan Terbaik untuk Karyawan Kantoran 2019 Harga 4 - 5 Jutaan.



Post a Comment

0 Comments