Internet 5G akan hadir!! Qualcomm Snapdragon akan menjadi pelopornya

Internet 5G akan hadir!! Qualcomm Snapdragon akan menjadi pelopornya

Internet 5G tidak lama lagi akan hadir di dunia, padahal beberapa tahun lalu baru muncul internet 4G, sekarang sudah mau ke 5G aja. Hal tersebut membuktikan bahwa teknologi berkembang sangat pesat. Dua tahun lalu tepatnya tahun 2016 telah muncul suatu rencana, bahwasannya 5G akan bisa dinikmati pada tahun 2020. Ternyata rencana tersebut berjalan lebih cepat dari dugaan.

Kepastian lebih lanjut tentang internet 5G akan hadir lebih cepat muncul saat acara Snapdragon Tech Summit 2018 yang diselenggarakan oleh proddusen semikonduktor Qualcomm di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, 4-6 Desember 2018.

Seperti yang kita ketahui bahwa chipset snapdragon sudah mendunia dan sangat populer khususnya di kalangan gamer mobile. Acara tersebut memperkenalkan Qualcomm dengan chipset barunya yaitu Snapdragon 855. Chipset ini mendapatkan dudkungan jaringan 4G dan 5G di smartphone.
Alex Katouzian selaku wakil presiden senior dan manajer umum Unit Bisnis Seluler di Qualcomm Technologies mengatakan bahwa Snapdragon 855 memiliki 5 keunggulan utama.

4 Laptop MSI Terbaru dipamerkan di Indocomtech 2018 << BACA JUGA



5 Keunggulan utama Qualcomm Snapdragon 855

1. Peningkatan mesin AI


Chipset Snapdragon memiliki 3 kali performa lebih baik dari chipset sebelumnya yaitu Snapdragon 845. Hal ini dikarenakan Snapdragon 855 memiliki mesin AI yang baru yang mampu memperhitungkan CPU dan GPU memberikan 7 triliun operasi per detik. AI tersebut bernama prosesor Hexagon 690 yang dilengkapi dengan Hexagon Tensor Accelerator baru untuk mesin learning task dan ekstensi vektor baru untuk memberikan kinerja yang lebih gesit.

2. ISP yang lebih cerddas dan berkemampuan tinggi


ISP atau Image signal processor adalah salah satu fitur penting dalam kualitas kamera di smartphonemu. Pihak Qualcomm sendiri memberikan peningkatkan dalam sisi kamera maupun video.

Spectra 380 ISP yang baru mendapatkan dukungan satu kamera utama 48MP atau dua kamera masing masing 22MP. Selain itu terdapat dukungan lagi untuk HDR10 + standar baru, modde potret untuk video, dan HEIF dukungan untuk foto. Hal menariknya Qualcomm juga menggembar gemborkan perekaman 4K HDR pada 60fps.

3. Dorongan yang lebih kecil untuk GPU


GPU atau Graphics Processing Unit milik Qualcomm termasuk yang terbaik di industri, karena chipset sebelumnya yaitu Snapdragon 845 merupakan chipset yang lebih murah dengan menghasilkan kinerja yang hebat dalam game dan grafiknya.

Qualcomm tidak hanyak duduk tenang melihat pencapainnya tersebut, mereka ingin mengoptimalkannya lebih baik lagi. Mereka menjanjikan kinerja 20% lebih baik dari Andreno 640 GPU.

Smartphone Lipat Baru dari Samsung, Simak Spesifikasi dan Desainnya! << BACA JUGA

4. Lompatan besar dalam performa CPU


Qualcomm telah bergabung dengan MediaTek, Huawei, dan Samsung dalam menawarkan pengaturan CPU tri-cluster. Pengaturan tersebut terdiri atas high-end Kryo 485 core clock pada 2.84GHz, tiga Kryo 485 core hitting 2.42GHz, dan empat Kryo 485 cores hitting 1.8GHz.

Selain itu Qualcomm mengadopsi Arm’s new Cortex-A76 core, yang menjanjikan keuntungan besar out of the box. Perusahaan mengungkapkan peningkatan kinerja CPU hingga 45 persen dibanding prosesor Qualcomm sebelumnya hal itu mungkin disebabkan adanya Arm’s new Cortex-A76 core.

5. Snapdragon Elite Gaming


Qualcomm memerhatikan betul tentang peningkatan kebutuhan gaming mobile. Akhirnya mereka meluncurkan fitur Snapdragon Elite Gaming. Mereka memberikan penangan lebih lanjut terkait HDR, render berbasis fisik, dukungan Vulkan 1.1, pemetaan nada "film", dan mengurangi latensi dalam game multi-pemain. Qualcomm juga mengatakan itu berhasil mengurangi dropped frames hingga lebih dari 90 persen.


ASUS ROG Strix Scar II : Keluaran terbaru harga terjangkau dan spek bukan kaleng kaleng << BACA JUGA

Sungguh suatu langkah besar dari perusahaan Qualcomm dalam kemajuan teknologi di dunia. Mungkin Qualcomm akan menjadi pelopor merek smartphone lainnya untuk mengembangkan chipset yang mendapatkan dukungan di jaringan internet 5G.

Post a Comment

1 Comments