Cara Mudah Menginstall CWM Recovery pada Semua Merek HP Android

Cara Mudah Menginstall CWM Recovery pada Semua Merek HP Android

Bagaimana cara install CWM Recovery pada HP Android?
Pertanyaan seperti ini muncul ketika HP android kita memiliki masalah. Masalah yang terjadi seperti Wifi tidak terhubung, HP lemot setelah di root, dan masih banyak lainnya yang mengharuskan di reset ulang. Namun menggunakan recovery bawaan pabrik saja tidak cukup, kamu memerlukan yang lebih optimal untuk menangani masalah ini, yaitu dengan menggunakan CWM Recovery. Kenapa harus menggunakan CWM Recovery? Simak penjelasannya dibawah ini.


Apa sih CWM Recovery itu ?

CWM Recovery merupakan singkatan dari Clock Work Mod Recovery yang memiliki fitur yang lebih banyak dari recovery bawaan pabrik HP. Berikut perbedaan Recovery bawaan pabrik HP (Standard) dengan CWM Recovery (Custom).

  • Recovery bawaan pabrik HP bisa digunakan untuk menghapus semua file data dan user, atau untuk melakukan update system, wipe data, factory reset. Namun kelemahannya memiliki keterbatasan fitur, contoh-nya ketika kita ingin menginstall custom ROM fitur tersebut tidak tersedia di recovery standard.

  • Kalau CWM Recovery atau kepanjangannya Clock Word Recovery hampir menyerupai recovery bawaan pabrik HP / standard, namun memiliki fitur fitur yang lebih banyak.



Fungsi CWM Recovery


Nah, dengan menggunakan CWM Recovery kamu bisa menginstall custom ROM, menambahkan tweak keren di HP dan mengoptimalkan kinerja RAM agar HP tidak lemot.

Menarik bukan? jika kamu sudah paham tentang pengertian dari CWM Recovery, perbedaan CWM Recovery dengan Recovery bawaan pabrik dan Fungsi dari CWM Recovery, sekarang kita lanjut ke pembahasan utama cara install CWM Recovery di Semua HP Android tanpa PC.



Cara Install CWM Recovery menggunakan ROM Manager

Sebelum melanjutkan ke langkah install CWM Recovery dengan menggunakan aplikasi ROM Manager, ada hal penting yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Untuk bisa menggunakan ROM Manager, HP kamu harus sudah di Root. Berikut Cara mudah Root Android tanpa PC atau dengan PC. Jika HP kamu sudah di Root, kamu bisa melanjutkan ke langkah menginstall CWM Recovery, selamat mencoba sob.

Langkah Instalasi CWM Recovery


  • Download aplikasi ROM Manager, tersedia di playstore. Kamu bisa cari disana dan install aplikasi tersebut.
  • ROM Manager sendiri ada 2 versi yaitu versi free dan pro, bagi kamu yang punya budget lebih dan ingin full akses bisa beli versi pro.
  • Jika ROM Manager sudah terinstall, buka aplikasinya.
  • Masuk ke menu Recovery setup.
  • Disini akan ada dua pilihan recovery yaitu Team Win Recovery Project (TWRP) dan ClockworkMod Recovery (CWM). Pilih CWM karena tutorial ini membahas tentang CWM.
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke menu Confirm Phone Model, pilih saja merek dan jenis hp yang kamu gunakan. Jika terdapat tulisan Unsupported Device, maka jangan diteruskan lagi langkah ini. Karena CWM Recovery tidak cocok dengan HP kamu, jika dipaksakan akan membuat HP kamu error.
  • Jika sudah memilih custom recovery yang cocok, kamu bisa melanjutkannya ke proses download dengan klik download.
  • Langkah terakhir klik Reboot To Recovery untuk mengetahui apakah CWM Recovery sudah terinstall di HP android kamu atau belum.

Baiklah itulah cara install CWM Recovery untuk semua merek & jensi hp android. Mudah bukan sob langkah instalasinya? Asalakan HP kamu support sama ROM Manager dan sedikit ketelitian, InsyaAllah WORK 100%. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, kamu bisa backup file file penting yang ada di dalam memori HP kamu.

Semoga dengan membaca tutorial ini, permasalahan yang terjadi pada HP android kamu bisa teratasi dengan baik. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman teman kamu, siapa tau mereka lagi membutuhkan tutorial ini.

Post a Comment

0 Comments