3 Bahaya menggunakan software bajakan! Komputer di Indonesia 90% Software bajakan

3 Bahaya menggunakan software bajakan!

Menggunakan software bajakan sudah menjadi hal yang lumrah di dunia khususnya di negara kita tercinta yaitu Indonesia. Lewat hasil temuan microsoft dari studi "Test Purchase Sweep" tercatat 9 dari 10 komputer yang dijual di Indonesia berisi software bajakan. Jadi presentase komputer di Indonesia yang memakai software bajakan 90%.

Memang ada banyak faktor yang membuat orang indonesia lebih memilih untuk menggunakan software bajakan antara lain yaitu dari awal menggunakan komputer sudah merasakan software bajakan, jadi sudah terbiasa menggunakan software tersebut dan untuk apa mengeluarkan uang untuk software yang sering dipakai. Selain itu masalah komersil. Alih alih sudah mengetahui bahaya software bajakan dan ingin menghargai vendor yang membuat, namun harga software asli seperti Windows 10 dijual seharga Rp.1 - 3 juta tergantung versinya juta hal itu tentu berat untuk kebanyakan kantong orang indonesia.

Dalam studi Dangers of Counterfeit Software Study 2013 yang dilakukan oleh Microsoft, terungkap bahwa software bajakan tidak 100 % sama dengan software asli. Berikut adalah beberapa serangan yang terjadi jika kamu memakai software bajakan.

Cara membuat akun SSH dan 9 Situs membuat akun SSH Gratis Premium << BACA JUGA

1. Kinerja komputer tak maksimal



Software yang asli dirancang untuk meningkatkan performanya pada komputer secara maksimal dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang dibuat untuk meminimalisir resiko pencurian data pribadi dan kerusakan sistem program. Berbeda dengan software bajakan yang hanya memperoleh fitur dan tampilan seperti yang asli tapi keamanan lemah.

2. Terinfeksi malware


Malware merupakan program yang dirancang untuk merusak dengan menyusup sistem komputer. Malware bisa masuk dari mana saja email, download internet, iklan, atau instal software bajakan. Yang paling sering adalah kamu memasang software bajakan di komputer kamu. Malware akan mudah masuk ke sistem komputer dan biasanya tidak terdeteksi oleh antivirus apalagi antivirus itu juga bajakan. Pencurian informasi rahasia dan data pribadi akan mudah dilakukan.

Cara Mudah Hack WiFi di Android tanpa Root << BACA JUGA

3. Virus merajalela


Software bajakan tidak mendapatkan garansi keamanan, virus akan masuk ke komputer lewat pemasangan software bajakan. Virus virus tersebut bermacam macam ada yang tergolong baru atau sudah lama dikenal, jadi antivirus tidak dapat mendeteksinya sampai antivirus mendapatkan pembaruan untuk mengenali virus baru tersebut. Alhasil virus semakin menumpuk dan komputermu akan menjadi sarang virus.

5 Cara Mudah Membersihkan Laptop Supaya Tidak Lemot << BACA JUGA

Jika kamu masih ingin memakai software bajakan jangan lupa untuk selalu membackup seluruh data penting kamu agar tidak menyesal di kemudian hari. Efek samping dari penggunaan software bajakan tidak terlihat dalam 1 minggu atau 1 bulan tetapi jangka panjang misal 1 tahun 2 tahun sudah terkena dampaknya. Dampaknya juga tidak terasa tiba tiba saja komputer kamu akan penuh dengan virus, kinerja komputer semakin lama akan semakin lelet, data pribadi kamu akan diretas oleh hacker yang memanfaatkan software bajakan sebagai jalan untuk hacking data.

Membuat software bajakan juga tidak mudah dibutuhkan proses yang berat, logikanya mana ada orang yang susah payah membuat software bajakan dan membagikan itu semua gratis ke orang lain. Pasti akan ada timbal baliknya dari semua itu.

Maka dari itu tidak ada salahnya menabung dikit demi sedikit untuk membeli software bajakan. Atau kamu bisa memakai software freeware yang memang dibuat secara gratis seperti untuk operasi sistem bisa menggunakan Linux sambil mengumpulkan uang bisa membeli software asli Windows. Namun jika kamu masih bersikeras memakai software bajakan juga tidak apa apa, semua resiko ditanggung pemakai. Terima kasih sudah membaca artikel dari Ayman is Geek nantikan artikel lainnya.

Baca Artikel Rekomendasi :