Cara mengganti pas foto background ke merah/biru dengan Photoshop

Ketika kamu ingin melamar pekerjaan atau ingin meneruskan ke perguruan tinggi, pasti instansi tersebut menginginkan pas foto untuk keperluan administrasi. Tapi akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal jika membuat pas foto harus ke studio terlebih dahulu. Dengan kecanggihan teknologi, kenapa kita tidak membuat pas foto sendiri. Lantas bagaimana caranya?

Dengan software Photoshop, segala sesuatu tentang foto bisa dimanipulasi sesuka hati. Photoshop sendiri memang dipersenjatai dengan tools tools yang mendukung segala bentuk editing yang berhubungan dengan manipulasi Foto. Tidak heran jika Photoshop terkenal di Dunia karena fiturnya yang kompleks dan mudah digunakan.

Cara menambahkan background merah / biru di pas foto

Langkah 1
Pastikan kamu sudah mempunyai alatnya yaitu Photoshop dan bahan foto kamu hasil jepretan sendiri. Saya saranin untuk mempermudah proses seleksi kamu harus foto di background yang bersih tanpa ada objek lainnya misalnya foto di tembok luar merah dengan cat polos. Jika semua sudah siap buka foto hasil jepretanmu sendiri lewat photoshop. Caranya klik kanan foto tersebut lalu klik "Open With Photoshop"



Langkah 2

Di Photoshop sendiri memiliki banyak varian tool untuk seleksi foto. Kamu bebas memilih mau pakai yang mana, tetapi untuk hasil yang lebih maksimal saya sarankan memakai Pen Tool. Lakukan seleksi pada foto object orangnya, lakukan dengan teliti hingga saat proses seleksi tidak mengenai background. Jika menggunakan Pen Tool , setelah semua bagian pada object terseleksi klik "kanan" pada mouse dan pilih "Make Selection", lalu tinggal klik OK. Maka akan tampil garis putus putus pada hasil seleksimu.

Langkah 3 (Optional)

Untuk memperhalus hasil seleksi, klik menu Select -> Modify -> Smooth. Isikan Sample Radius ke 2 pixels dan tekan OK.


Setelah proses seleksi kamu rasa sudah selesai, Tekan Ctrl+J saat ada garis garis putus di object yang mau kamu pisahin. Maka otomatis object tersebut akan terpisah dari background aslinya atau lebih benarnya foto yang kamu seleksi dan Ctrl+ J akan melakukan duplikasi, jadi akan ada 2 layer foto setelah di seleksi dan foto aslinya. Delete layer yang berisi foto aslinya , hasilnya foto hasil seleksi akan memiliki background transparan. 


Langkah 5 (Optional)

Jika dalam hasil seleksi ada ketidaksempurnaan, maka yang perlu lakukan membenahinya dengan cara memanfaatkan fungsi Pen Tool dan Eraser Tool. lakukan seleksi dengan pen tool pada object yang tidak diinginkan, jangan lupa klik kanan "Make Selection" lalu gunakan Eraser Tool untuk menghapus area yang terseleksi.


Langkah 6 

Setelah dirasa rapi tambahkan background warna merah atau biru pada foto tersebut. Caranya tekan logo Shape di samping kiri Photoshop. Kamu pilih Rectangle Tool (Persegi), atur ukuran Shape nya hingga menjadi sebuah background. Letakkan Layer Shape di bawah Layer Foto hasil seleksi.


Langkah 7 (Optional)

Jika kamu merasa kurang puas dengan hasilnya. Kamu bisa merapikannya lagi dengan eraser tool. Misal di contoh tersebut tidak maksimal dalam proses seleksi, maka akan ada percikan background yang menempel di object tersebut, seperti glow warna putih ini. Kamu bisa menghilangkannya dengan Eraser tool tapi dengan hati hati. Pastikan menghapus glow putih tersebut tipis tipis agar tidak object tidak terhapus.

Langkah 8

Beginilah hasil akhir dari proses seleksi foto dan menambahkan backgroundnya. Jika dirasa sudah rapi, simpan hasil edit tersebut. Klik file dan klik Save As, Pilih lokasi penyimpanan foto tersebut dan jangan lupa pilih format foto dalam bentuk JPEG.



Itulah tutorial singkat untuk mengganti background foto di Photoshop, supaya tutorial ini bisa bermanfaat bagi kamu semuanya dan jangan lupa baca artikel AyGek lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan photoshop mu untuk keperluan jasa atau berbaginya dalam video di Youtube.