6 Tips Penting bagi Pemula Bermain DOTA 2

DOTA 2 adalah game sejenis MOBA yaitu dimainkan oleh 2 Tim yang terdiri dari 5 orang dari masing masing tim dan hanya bisa dimainkan di PC. Banyak orang yang sudah mendengar istilah game MOBA berkat maraknya yang bermain Mobile Legends dan Arena Of Valor. Bagi kamu yang ingin mendalami / ingin mencoba game MOBA yang lebih menantang kamu wajib memainkan DOTA 2. Karena di DOTA 2 ini sangat berbeda dengan ML ataupun AOV meskipun sama sama game jenis MOBAnya.

DOTA 2 bisa kamu download di Steam. Kamu ketik di pencarian steam "DOTA 2" kamu bisa langsung download game tersebut secara gratis. Yang kamu butuhkan laptop atau komputer berspesifikasi minimal

OS: Windows Vista
CPU: Intel Core 2 Q6600 @2.4GHz / AMD Phenom 9850 @2.5GHz
GPU: NVIDIA GeForce GT 9800 / AMD Radeon HD 4870
RAM: 4 GB
DirectX: Version 11
HDD: 65 GB


Berikut adalah tips supaya kamu lebih paham tentang DOTA 2 dan cara bermainnya.


1. Jangan Skip Tutorial Game

Bagi kamu yang baru memainkan game DOTA 2 harap jangan di skip waktu pertama kali memainkan game tersebut. Dengan adanya tutorial, kamu jadi mengerti dasar bermain DOTA 2. Mengetahui skill nya seperti apa, itemnya seperti apa, aturan bermainnya serta cara menggerakan heronya.

Banyak dari mereka yang langsung skip tutorial tersebut karena dinilai membosankan. Terlepas dari rasa bosan, kamu harus mengetahui dasar bermainnya sebelum mencoba tips yang lainnya.


2. Tidak Buta MAP

Berbeda dari game ML atau AOV, DOTA 2 sendiri memiliki MAP yang cukup luas. Bahkan banyak area gelap yang bisa dimanfaatkan oleh pihak musuh untuk digank. Bermain DOTA selain fokus mencari gold dan exp kamu juga harus memperhatikan MAP. 

Sebelum pertandingan dimulai kamu harus tau mana hero yang menjadi temanmu dan hero yang menjadi lawanmu, lawan dan musuh akan berbeda icon di mini map. Dalam settingan default, yang musuh adalah icon berbentuk arah panah, yang teman adalah icon yang berbentuk cursor. Kamu harus mewaspadai ketika musuh yang menghilang di minimap, bisa saja mereka sedang bersembunyi di hutan dan bersiap untuk mengeroyok heromu.


3. Mengetahui Role Game DOTA 

Tidak ada salahnya bagi newbie untuk mengetahui role apa saja yang ada di DOTA 2. Jika kamu mempelajari hal ini maka kamu termasuk pemula yang cerdas. Ada 5 Role Utama yaitu 
  • Posisi 1 sebagai Hard Carry. Hero Hard Carry adalah Hero yang bisa mengangkat atau kunci kemenangan utama dari sebuah tim dan biasanya akan memanfaatkan safelane. Hero Hard Carry biasanya hero lemah saat di Early Game tetapi ganas di Late Game. Hero Hard Carry harus pintar memanfaatkan peluang last hit untuk mendapatkan gold yang lebih cepat.

    Hero Hard Carry populer seperti Phantom Assasin, Ursa, Anti Mage, Dragon Knight.
  • Posisi 2 sebagai Semi Carry/MidLaner. Hero ini akan berada di lane tengah dan berhadapan 1 lawan 1. Hero ini harus mampu menguasai lane tengah dan memperoleh Exp secepat mungkin. Biasanya hero Midlaner memanfaatkan level skill yang tinggi untuk memperoleh damage yang sakit di awal game dan tengah game. Hero MidLaner dituntut untuk menguasai last hit dan deny yang handal.

    Hero MidLaner populer seperti Invoker, Storm Spirit, Pudge, Queen of Pain.
  • Posisi 3 sebagai Offlaner yang berfungsi bertahan di lane sendirian melawan 2 hero musuh. Dapat bertahan hidup saja sudah syukur apalagi bisa farming di lane tersebut. Hero Offlaner biasanya tidak bergantung dengan item tetapi memiliki skill yang berguna untuk tetap hidup dan sakit ketika digunakan ke lawan.

    Hero MidLaner populer seperti Doom, Dark Seer, Broadmother, Tusk.
  • Posisi 4 sebagai Semi Support/Roaming yang berfungsi untuk membantu ganking tim. Hero ini biasanya berkeliaran di map hutan. Kalau tidak sedang melakukan stacking creep hutan, ya bersembunyi di map gelap untuk bersiap ganking lawan.

    Hero Semi Support populer seperti Nature Prophet, Bounty Hunter, Chen.
  • Posisi 5 sebagai Hard Support yaitu posisi yang paling dibutuhkan dalam tim. Role ini tidak enak, karena kamu harus membeli item keperluan support seperti Ward, Courier, dan clarity serta kamu diprioritaskan paling bawah soal membunuh creep ataupun hero lawan. Kamu harus bisa membuat Hard Carry nyaman saat farming dan membantunya ketika terkena ganking.

    Hero Hard Support populer seperti Rubick, Dazzle, Keeper Of Light, Shadow Shaman, Lion.

4. Item yang wajib dibawa saat early game

Ketika pertandingan baru dimulai kamu akan mendapatkan gold awal yang tidak begitu banyak. Manfaatkan gold tersebut untuk membeli Town Portal Scroll dan Tango sisanya menyesuaikan item dengan role yang sedang kamu pakai. Town Portal Scroll berguna sekali ketika kamu dalam keadaan genting misalnya kamu kehabisan mana dan darah sudah sekarat kamu bisa kembali ke Base atau ketika kamu dalam keadaan terjepit di hutan atau di gank musuh kamu bisa memanfaatkan TP ini untuk kabur. 

Sedangkan tango berguna untuk regenaration HP heromu. Ketika heromu sedang terkena hit hingga mencapai darah setengahnya, kamu bisa memanfaatkan tango untuk memulihkan HP heromu. Gunakan tango di pohon, otomatis HP heromu akan pulih dikit demi sedikit.


5. Abaikan Kritikan di Game

Game DOTA 2 keras gan, kamu harus punya mental baja untuk bisa lanjut bermain DOTA 2. Kamu harus menghiraukan bicaraan kotor mereka dan hinaan mereka. Sedikitpun kesalahan pastinya kamu akan dihina, hiraukan mereka dan fokuslah bermain agar tim mu bisa menang.


6. Gunakan Hero yang mudah dulu

Belajar menggunakan hero itu penting, kamu dianjurkan untuk memakai yang mudah terlebih dahulu. Di Dota 2 sendiri memiliki lebih dari 100 Hero dan tidak semuanya di desain untuk pemula. Gunakan hero yang mudah dulu jika role carry seperti Phantom Assasin, Sniper, Ursa. Jika hero support gunakan crystal maiden, spirit breaker, Ogre.




Post a Comment

0 Comments