5 Cara Mudah Membersihkan Laptop Supaya Tidak Lemot

Banyak dari orang yang mempunyai laptop namun malas membersihkan laptopnya. Padahal bila dibiarkan kuman dan kotoran akan menempel di bagian bagian laptop, misalnya keyboard, casing, dan layar. Dampak dari laptop yang penuh debu akan berpengaruh pada performa laptop tersebut, bisa saja laptop kamu tiba tiba lemot, merestart sendiri, dan keyboard tidak berfungsi.

Apalagi, disaat kamu sedang mengerjakan tugas kuliah atau mengerjakan tugas kerja yang mau memasuki waktu deadline tiba tiba laptop lemot atau error. Pasti akan merasa kesal sekali bukan? Maka dari itu perlu perawatin rutin tiap beberapa hari atau tiap minggu.



Berikut adalah cara membersihkan laptop 

1. Casing Laptop

Sumber : LaptopMalang

Casing Laptop merupakan tempat yang paling banyak ditempeli debu jika kita malas membersihkannya. Ketika kamu ingin membersihkan debu yang ada di casing laptop, pastikan dulu laptop kamu sudah dalam keadaan mati. Lalu ambil kain yang lembut untuk membersihkan debu dari casing laptop.

Pakailah pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabun yang dilarutkan, bagi kamu yang kesulitan menemukan cairan tersebut, lebih mudahnya kamu menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dapat menghilangkan debu dan noda yang menempel di casing laptop, bahkan minyak kayu putih membuat warna asli dari bagian casing kembali cerah dan mengkilat.

ASUS ROG Strix Scar II : Keluaran terbaru harga terjangkau dan spek bukan kaleng kaleng << BACA JUGA

2. Keyboard Laptop

Sumber : LaptopMag

Pembersihan di bagian keyboard diperlukan ketelitian dan hati hati agar air tidak masuk ke bagian dalam. Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan keyboard. Jika debu mudah dihilangkan gunakan sikat gigi yang lembut dan jika debu membandel atau susah dihilangkan gunakan sikat yang lebih keras. Sebaiknya kamu menggunakan vacuum cleaner kecil untuk membersihkan keyboard untuk menghindari merusak komponen laptop yang ada.

Di keyboard pastinya tidak hanya debu saja namun ada kuman yang menempel di keyboard kamu. Jika dibiarkan keyboard kamu menjadi rumah berkembang biaknya berbagai macam kuman. Dalam membersihkan kuman di keyboard gunakan alkohol mengandung isopropil, dan hindari produk desinfektan yang mengandung elemen etil. Mengapa menghindari elemen etil? Karena elemen etil dapat mengikis huruf huruf di keyboard kamu.

Batas aman alkohol yang dapat kamu gunakan 60 persen atau lebih. Gunakan kain yang sudah dibasai larutan alkohol. Gosok permukaan tombol keyboard secara merata untuk bagian atas dan cotton bud untuk sisinya.

3. Layar Laptop

Sumber : pcgamer

Sebelum membersihkan layar laptop alahkah baiknya laptop kamu sudah dalam keadaan mati. Layar laptop ini termasuk sensitif untuk dibersihkan. Kamu harus berhati hati saat membersihkan layar khususnya material bahan yang digunakan.

Gunakan kain mikrofiber yang agak lembab. Basahi kainnya jangan dilayarnya langsung, lalu peras kain tersebut dan lakukan perlahan lahan bersihkan layar laptop yang menempel.

5 Lifehack yang bisa meningkatkan kemampuan Smartphone << BACA JUGA

4. Touchpad Laptop

Sumber : Pricebook
Nah yang satu ini sering kali dihiraukan yaitu trackpad laptop. Trackpad laptop umumnya terletak di bagian bawah keyboard. Gunakan kain basah yang bebas serat dan basahi menggunakan alkohol atau air sehingga minyak atau debu yang menempel bisa terangkat dengan baik.

5. Hilangkan File Sampah Laptop

Sumber Systweak blog

Setelah membersihkan laptop bagian luarnya, sekarang pembersihan di dalam sistem laptop kamu. Laptop yang lemot bisa diakibatkan karena file yang ada di harddisk menumpuk terlalu berat. Caranya adalah dengan menghapus file yang sekiranya sudah tidak dipakai lagi dan sampah digital di laptop. Hapus juga file yang ada di folder Recycle Bin.

Jika kamu memang memerlukan semua file tersebut untuk aset mendatang. Kamu harus beli harddisk eksternal, sebagai penyimpanan tambahan dan mudah dibawa kemana mana.


Nah, semoga dengan membersihkan sesuai cara diatas bisa membantu kamu dalam membersihkan laptop kesayanganmu supaya performanya bisa optimal selama mungkin. Jangan lupa baca artikel lainnya dari Ayman is Geek.


Post a Comment

0 Comments