10 Turnamen eSports dengan Total Hadiah Terbesar

Sekarang adalah eranya dimana game online dengan model pvp realtime banyak digandrungi oleh seluruh orang di  dunia. Yang paling sering kita dengar esport itu seperti ML, AoV, Pubg Mobile, Point Blank. Ya karena game tersebut mudah dijangkau oleh gamer di Indonesia. Padahal masih banyak game esport lainnya yang jauh lebih menarik dan turnamennya bahkan sampai jauh melebihi game game tersebut.


Esport sendiri merupakan istilah dari bidang olahraga yang menggunakan game sebagai kompetitif utama. Melihat dari jaman dulu, Game memang sudah banyak dimainkan oleh para orang. Namun kebanyakan orang yang bermain game secara komitmen atau ditekuni dulu dianggap  orang yang anti sosial, pemalas, pendiam. Kompetisi game dulu pun minim banget dan istilah Esport belum familiar di kalangan orang di dunia.

Esport sekarang lagi berkembang banget, di Indonesia waktu nongkrong pun dibuat main eSport seperti mabar ML. Di luar sana banyak yang menyeriusi Game esport yang lebih menantang dan grafik luar biasa kerennya. Bahkan main game pun sekarang bisa menjadi mata pencaharian, kamu bisa manfaatin game untuk ikut kompetisi karena semakin maraknya kompetisi yang diselenggarakan atau menjadi seorang Gamer streaming yang merecord aktifitas gamingnya ke orang lain lewat dunia maya.

ASUS ROG Strix Scar II : Keluaran terbaru harga terjangkau dan spek bukan kaleng kaleng << BACA JUGA

AyGek akan membahas turnamen turnamen Esport terbesar dengan hadiah paling besar dari dulu hingga 2018.

10. BlizzCon World Championship 2016 (1 Juta Dolar)


Blizzcon 2016 menjadi turnamen dari pihak Blizzard terbesar dengan total hadiah 1 Juta dollar. Diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2016 di Anaheim Convention Center, Amerika Serikat menjadi saksi sengitnya memperebutkan posisi 1 dunia Hearthstone dan Heroes of Storm. Masing masing memberikan total hadiah 1 jt dolar untuk para pemenangnya.

9. ELeague (1,4 Juta dolar)


Eleague merupakan sebuah kejuaraan game CS:GO berformat liga. Tau sendirilah betapa kerennya permainan CS:GO. Bagi yang suka FPS sejak CS 1.6 banyak yang melanjutkannya ke versi CS:GO. Pemenang dari ELeague 2016 yaitu Tim Virtus Pro.

8. World Electronic Sports Games (1,5 Juta dolar)


Kamu pasti tau dengan namanya Alibaba Group? Ya perusahaan super besar dari Cina tersebut menyelenggarakan kompetisi Esport melalui anak perusahaannya bernama AliSports. WESG menghadirkan banyak pemain pro Esport dari berbagai negara. WESG memainkan 5 cabang Esport yaitu DOTA2 , CS:GO, HearthStone, Starcraft II, Starcraft II: Legacy of Void.

7. Call of Duty XP Championship 2016 (2 Juta dolar)


Bagi kamu yang suka dengan game tema perang mustahil tidak mengenal Call of Duty (COD). COD sendiri memang game lama dan sampai sekarang masih banyak dimainkan oleh orang di Dunia. COD memiliki turnamen yang diselenggarain di The Forum, California. Tim yang berhasil memenangkan kompetisi ini adlaah Tim EnVyUs.

6. Halo World Championship (2,5 Juta dolar)


Turnamen ini agak berbeda dengan turnamen yang lainnya dimana perangkatnya menggunakan konsol XboX. Turnamen ini juga disponsori dengan perusahaan Microsoft melalui anak perusahaannya Microsoft Studios. Diselenggarakan di california pada bulan maret 2016. Pemenang dari turnamen ini adalah Counter Logic Gaming.

5. Smite World Championship 2015 (2,6 Juta dolar)


Smite merupakan game jenis MOBA yang dipublikasikan oleh Hi-Rez Studios. Smite tidak populer di Indonesia, padahal game ini memiliki gameplay yang bagus dan grafik yang keren. Di luar game ini ternyata cukup bergengsi, terbukti turnamen pada 2015 memiliki total hadiah senilai 2,6 Juta Dollar. Smite World Championship 2015 diselenggarakan di Atlanta, Amerika Serikat pada 9-11 Januari 2015. Yang keluar sebagai juara adalah Tim COGNitive Prime asal Amerika Serikat berhak membawa pulang hadiah total 1,3 Juta dolar.

4. DOTA 2 Valve Majors (3 Juta Dolar)


merupakan turnamen DOTA 2 yang menjadi kualifikasi untuk The International. Turnamen ini memiliki puncak hadiah terbesar pada tahun 2015-2017. Pada musim 2015-2016, turnamen ini terdiri dari tiga tahap yang disesuaikan dengan empat musim, yaitu musim gugur (Frankfurt Major), dingin (Shanghai Major), semi (Manila Major), dengan The International pada musim panas. Sedangkan pada musim 2016-2017 hanya ada dua turnamen Major, yaitu Boston Major dan Kiev Major.

Turnamen DOTA 2 Majors akan kembali diselenggarakan pada 9 November 2018 - 18 November 2018 dengan Malaysia menjadi tuan rumah dengan total hadiah 1 Juta dolar.

3. Dota 2 Asia Championship 2015 (3,057 Juta dolar)


merupakan bagian dari turnamen DOTA 2 sebagai ajang pemanasan sebelum turnamen Majors. Turnamen ini sekarang kurang populer dikarenakan prize pool atau total hadiah hanya 1 juta dolar. Namun tahukah kamu bahwa Dota 2 Asia Championship tahun 2015 mengalami peningkatan yang luar bisa bahkan sukses mengalahkan total hadiah turnamen Majors. Total hadiah yang membuat dunia esport kaget pada saat itu senilai 3,057 Juta dolar dari awal rencana cuman 250 ribu dollar.

Bertempat di Shanghai, Tiongkok, Asia Championship 2015 dimenangkan oleh Evil Geniuses dan membawa pulang 1,284 Juta Dolar. Di turnamen ini EG mempunyai sosok pemain yang masih berusia 16 Tahun namun dapat membawa timnya menuju juara bernama Syed Sumail Hasan.

2. League Of Legends World Championship 2016 (5 Juta dolar)


League Of Legends atau disingkat LOL merupakan saingan terberat dari DOTA 2. Riot Games selaku developer LOL bikin turnamen kelas dunia yang memiliki daya minat yang menggelegar. Saking besarnya turnamen ini, RIOT menyelenggarakan World Championship 2016 di berbagai venue bergengsi di Amerika Serikat. Venue Staples Center yang jadi markas tim basket Los Angeles Lakers dipilih jadi venue pertandingan grand final.

LOL menyelenggarakan turnamen ini dengan total hadiah awal senilai 2 juta dolar, namun tidak lama kemudian total hadiah naik menjadi 5 juta dolar.

1. The International 8 (25,5 Juta dolar)


TI membuat perbedaan yang sangat jauh dari turnamen esport lainnya dengan total hadiah yang selalu memecahkan rekor tiap tahunnya. 7 kali diselenggarakan TI setiap tahunnya total hadiahnya selalu mengguncangkan dunia esport. Berbeda dengan turnamen DOTA 2 yang lainnya yang mengalami penurunan di tahun ini, tetapi tidak dengan TI. TI 8 sukses meningkatkan total hadiah yang sebelumnya di kuasai TI 7 senilai $24,787,916. Di TI 8 memiliki total hadiah $25,532,177.

Turnamen DOTA 2 berkelas Dunia pada tahun 2018 dimenangkan oleh Tim OG dan berhak mendapatkan hadiah 11 juta dollar atau senilai 160 milliar rupiah. Bayangkan dengan hadiah sebesar itu kamu bisa hidup enak berapa turunan, wajar saja jika para gamers di dunia bersikeras untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik.

6 Tips Penting bagi Pemula Bermain DOTA 2 << BACA JUGA

Bisa disimpulkan dengan total hadiah yang besar membuktikan bahwa antusias orang menonton turnamen esport besar juga. Maka dari itu banyak sponsor yang berlomba lomba untuk menyelenggarakan turnamen Esport dengan total hadiah yang tidak main main.

Memang tak semua dari kita bisa mengikuti turnamen seperti itu, karena membutuhkan ketekunan, pantang menyerah, usaha dan bakat yang tinggi untuk mencapai level pemain profesional. Namun hobi yang dibayar adalah pekerjaan impian semua orang. Jika kamu Hobi bermain Game tidak ada salahnya menjadi seorang pemain esport, dibarengi dengan usaha dan ketekunan serta doa, suatu saat kamu bisa menjadi pemain esport profesional.

Baca Artikel Rekomendasi :