Cara Screenshoot panjang di Semua Smartphone Android

Salah satu fitur yang paling bermanfaat di smartphone adalah kemampuan untuk melakukan screenshot dari tampilan layar yang sedang digunakan khususnya di perangkat android. Misalnya untuk screenshoot Pesan , halaman web, atau berita tanpa harus mendownload file tersebut. Namun untuk screenshoot biasa akan menangkap gambar dari tampilan layar yang terlihat tidak bisa sampai kebawah biasanya dibutuhkan untuk screenshoot cerita.



Kali ini mimin akan membagikan trik atau cara untuk Screenshoot panjang di perangkat android. Dengan bantuan aplikasi dibawah ini kamu tidak perlu lagi scrolling atau menggeser kebawah lalu screenshoot satu per satu sampai menyimpan banyak gambar.

1. Scroll Capture


Untuk mengambil screenshot panjang pada halaman web atau blog, kamu bisa menggunakan aplikasi Scroll Capture For Web. Pada dasarnya aplikasi ini adalah sebuah browser, namun memiliki fitur untuk melakukan scroll atau long screenshot. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Google Playstore pada smartphone kamu.*

Kamu cukup langsung menuju laman web atau konten yang ingin kamu screenshot. Selanjutnya, cukup dengan menekan ikon capture, jadilah screenshot panjang yang kamu inginkan. Icon capture terletak dibawah. 

2. Firefox Rocket

Firefox Rocket merupakan aplikasi browser terbaru dari Firefox. Firefox Rocket memiliki fitur tangkapan layar bawaan sehingga Anda dapat menangkap laman web dalam bentuk gambar. Mengapa dinamakan Rocket karena aplikasi ini begitu ringan dan hanya 1,9MB. Daripada UC browser dan Opera mini yang hampir memakan ruang memori 6MB bahkan lebih.

Dengan browser yang satu ini, kamu bisa mengambil screenshot panjang pada situs manapun yang kamu kunjungi. Cukup sederhana, kamu tinggal mengikuti tutorial dibawah ini :
  • Pastikan Firefox Rocket sudah terinstall di smartphone kamu, kamu bisa search di Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi browser tersebut.
  • Setelah terbuka, kunjungi situs yang ingin kamu kunjungi dan screenshot keseluruhannya. pada contoh ini, mimin akan mengambil screenshoot situs kesayangan
  • Supaya bisa screenshot panjang pada seluruh laman web, kamu cukup menekan ikon gunting dan kotak yang ada di sebelah kanan bawah (dalam kotak merah pada gambar). Aplikasi tersebut akan segera memproses screenshot panjang pada situs yang kamu kunjungi.
  • Hasil screenshot panjang akan otomatis tersimpan di galeri smartphone Android kamu.
Ada kekurangan pada aplikasi ini kita tidak bisa membuat New tab seperti Opera atau UC browser, Namun bagi mimin itu bukan masalah. Jadi anda yang hobi browsing untuk mencari info aplikasi ini patut dipertimbangkan.

3. LongShot


Aplikasi LongShot ini didesain khusus untuk mengambil screenshoot yang panjang. Aplikasi LongShot ini mampu melakukan pengambilan gambar screenshot panjang dengan sangat mudah. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi LongShot.

Buka aplikasinya, lalu pilih "Capture Option" kemudian Buka dan ambil konten yang ingin di screenshot di layar dan pindahkan perlahan ke aplikasi, LongShot akan otomatis mengambil screenshot panjang.

lebih rincinya LongShot memiliki 3 menu utama yaitu
  • Capture Screenshot
    Melakukan screenshot pada halaman biasa . Misal halaman Setting di Android , kita cukup menekan tombol Start kemudian perlahan kita scrool ke  bawah sampai posisi yang diinginkan kemudian tekan Done untuk selesai.
  • Capture Web Page
    Pada menu ini kita bisa mengcapture halaman web dengan panjang kebawah.
    Caranya dengan memasukkan URL web yang akan di capture. Setelah halaman termuat semuanya , tekan Start Position kemudian scroll halaman web ke bawah pelan-pelan sampai bagian yang diinginkan kemudian tekan End Here And Capture.
  • Select Image
    Menu ini nampaknya adalah menggabungkan beberapa gambar yang sudah ada untuk digabungkan menjadi satu. Caranya dengan memilih beberapa gambar yang diinginkan kemudian tekan done .


Post a Comment

0 Comments